Air Terjun Blang Kolam Aceh Utara

Monday, 8 June 2015

Air terjun Blang kolam adalah salah satu air terjun yang ada di Aceh Utara, walaupun saya orang Aceh Utara tapi seumur hidup saya sampai  saat ini baru sekali saya menyempatkan diri untuk berkunjung kesana, ini seperti liburan keluarga. Jarak tempuh air dari rumah saya ke lokasi air terjun sekitar lebih kurang 5 km, dekat bukan????? waktu itu tahun 2011 saya dan keluarga beserta satu orang teman dari Amerika ( promosi lokasi wisata ke orang asing) yang sedang kunjungan kerumah pergi ke lokasi air terjun. cukup hanya menyewa mobil terbuka bak belakang, dengan 25 orang penumpang dewasa dan anak - anak menujulah kami ke air terjun.
Air Terjun Blang Kolam
Rencana ini adalah rencana dadakan, kamipun segera memasak makanan untuk bekal makan siang di lokasi air terjun. Nasi putih dan sop kepiting menjadi menu utama disamping menu - menu lainnya. Akhir nya setelah terayun - ayun dimobil (maklum jalan masih kurang bagus) sampailah kami di lokasi. ternyata perjuangan belum selesai.....kami harus menuruni tangga sebanyak 660 tangga. Apa..................... ternyata untuk mencapai sesuatu yang berharga harus menempuh cobaaan, tapi mungkin bagi kami anak muda sudah biasa, bagai mana dengan bunda kami???? karena semangat mau melihat air terjun yang katanya sangat bagus, turunlah kami kebawah sambil membantu bunda yang tidak bisa turun cepat dan sekali kali harus berhenti karena banyaknya anak tangga dan ada sebagian yang sudah rusak dan licin ( tidak tahu bagaimana kondisi sekarang ini) akhirnya sampailah kami kebawah...Subhanallah.............rasa cape segera terbayar dengan indahnya air terjun dan dinginya air yang mengalir. Semua bergembira dan langsung menikmati serunya makan siang di alam terbuka yang begitu indah mempersona. para keponakan langsung mandi dan yang lainpun menunaikan shalat Dzuhur. Sungguh pemandangan yang sangat luat bisa. Air yang jatuh dari ketinggian 75 meter sangatlah indah dan asri karena di kelilingi oleh pemandangan hutan yang masih asri.
Tangga turun ke air terjun
 Ada beberapa tips yang perlu saya bagikan disini agar teman teman yang mau kesana bisa melakukan persiapan yang matang:
1. Berhati - hatilah karena tangga menuju air terjun sebagian sudah licin, maklum umurnya udah puluhan, kalau tidak salah dibuat pada tahun 70 han, kebayangkan berapa usianya sekarang.
2. Bawalah makanan, karena setelah menuruni 660 tangga pasti akan cape dan lapar, orang hanya berjualan di atas sekaligus bisa berhemat dan tentunya makan sambil melihat air terjun itu lebih nikmat.

3. Bawalah barang seperlunya jangan sampai terbeban waktu turun tangga, teliti dulu barang sebelum turun, jangan sampai tinggal di mobil dan harus naik lagi ke atas...bahaya boss.
4. yang terakhir......jangan lupa bawa kamera (kalau yang ini wajib, sebagai bukti hehehe).

Bersama Sarah dari Amerika
Bagi anda pendatang, berikut saya bagikan informasi akses ke lokasi ya:
Berjarak tempuh sekitar 21 km dari Lhokseumawe, Bisa menggunakan mobil, motor, ataupun angkutan umum lainnya. Untuk mencapai lokasi Blang Kolam sebenarnya tidak terlalu sulit, cukup banyak jalur yang bisa ditempuh ( hati - hati ada sebagian jalan tidak bagus) bisa melalui Cunda, Kandang, Muara Batu atau Krueng Geukuh, kondisi jalan cukup licin terutama dimusim hujan  (ini salah satu faktor penghambat menuju lokasi wisata- bagaimana ini pak bupati- heheh) petunjuk jalan juga cukup jelas sehingga memungkinkan tak harus banyak bertanya kepada penduduk setempat ( secara sepanjang jalan hanya kebun sawit heheheh). Bagi yang menggunakan kedaraan umum dapat menggunakan labi - labi yang sering mangkal di Jalan Pase atau di Simpang 4 Krueng Geukuh, alternatif lain menggunakan becak atau kalau rombongan bisa menyewa mobil, lebih murah. harga bisa berubah rubah tergantung penawaran, mungkin antara 15000 - 30000/ orang sekali jalan.

Selamat mencoba, dijamin pasti ingin kebali lagi kesana :)

Menikmati bekal yang dibawa turun tentunya terasa nikmat dan tidak akan pernah kenyang, pingin lagi dan lagi hehehe



No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS