Tuesday, December 18, 2018

Hari Terakhir di Sulawesi Tenggara

9:16 AM Posted by zatin abdullah No comments
17 September 2017 babak baru kehidupan dimulai, mencoba bekerja jauh dari orang tua dan kampung halaman di Aceh Utara menuju Kendari Sulawesi Tenggara. Perjalanan yang tidak sia - sia dalam membagi ilmu dan mencari ilmu. Dan akhirnya hari ini...................................... tanggal 18 Desember 2018 adalah hari terakhir saya bekerja di Sulawesi Tenggara dan masih berharap suatu saat saya akan kembali lagi kesini karena masih banyak daerah yang belum saya explore dan pesona alam Sulawesi Tenggara sangat exotis. 

Selama 1 tahun 4 bulan banyak sekali pengalaman-pengalaman yang sangat berkesan yang saya dapatka walaupun di awal-awal penugasan ada beberapa hal teknis yang harus saya hadapi tapi karena komitmen dengan pekerjaan sehingga saya bertahan dan sampai akhirnya semua bisa terlewati dengan indah. 

Teman-teman yang baik dan selalu mendukung terutama diakhir penugasan disini dan ini sangat berat bagi saya untuk sekedar mengatakan selamat tinggal karena saya sudah nyaman disini. Kendari sudah menjadi rumah ketiga bagi saya setelah Aceh Utara dan Banda Aceh. 

Banyak proses pembelajaran untuk saya sendiri terutama dalam hal melatih kesabaran dan keikhlasan, sesuatu hal yang tidak mudah tapi itu betul betul sebuah proses yang membuat saya berkembang lebih baik,, bekerjasama dengan baik walaupun kadang ada hal-hal yang sulit untuk dilewati tapi ketika kita pasrah dan berlaku baik maka Tuhan akan membalas dengan lebih baik lagi.

Senang....? Tentu karena akhir pekerjaan telah diselesaikan dengan baik walaupun tidak sempurna, mempunyai teman-teman baru yang banyak tidak hanya dilingkungan kantor tapi juga dengan teman-teman diluar kantor yang sudah sering mengikuti kegiatan dan bersama-sama. Senang karena pada akhirnya bisa bertemu lagi dengan oran tua tercinta yang dengan ridhanya telah mengizinkan saya untuk pergi jauh untuk belajar lagi tentang perjalanan hidup dan keikhlasan.

Sedih....? Tentu! Setelah membangun bersama dan pada akhirnya harus meninggalkan tentu sangat sedih sekali, berharap untuk bertemu lagi disuatu masa dan melihat apa yang sudah dikerjakan dan masih diteruskan tentu akan menjadi kebanggaan.

Bangga...? Bangga pada akhirnya sudah bisa membangun komitmen bersama dari awal sampai selesai, mengorbankan apa yang bisa dikorbankan untuk menjadi lebih baik dan pada akhirnya menjadi komitmen bagi yang ditinggalkan untuk meneruskan hal - hal yang sudah menjadi komitmen bersama.

Pada akhirnya masa perpisahan tidak bisa ditolak datangnya, saya yang hanya manusia biasa melihat banyak perubahan dari akhir 2017 sampai akhir 2018 dan semoga persahabatan tetap terjalin untuk selamanya dan terima kasih atas kesempatan mengabdi dan mohon maaf karena saya tahu pasti banyak kesalahan yang saya lakukan.

Sulawesi Tenggara Tangguh Bencana

0 comments:

Post a Comment