Ketulusan Nenek Patimah

Sunday, 11 December 2016

Aku percaya disetiap perjalanan yang kulakukan pasti ada hal baru yang kutemukan,  bertemu dengan orang-orang baru, melihat lingkungan yang baru dan mempelajari budaya dan adat istiadat daerah setempat. Semua perjalanan yang telah kulalui memberikan makna dan membuatku  semakin sadar bahwa aku ini hanyalah butiran debu, tidak ada artinya sama sekali dibandingkan dengan orang-orang yang kujumpai. Begitu baiknya mereka mau berbagi denganku baik itu cerita, tempat tinggal, makanan (Insyaallah perjalanan kali ini membuatku gemuk) dan ketulusan.

Lelaki dan Candu

Tuesday, 6 December 2016



Lelaki Candu
Lelaki dihadapanku menghirup kopinya dengan perlahan,  dia dan candu begitulah aku menyebutkannya. Kopi sudah menjadi bagian dari dirinya dan menjadi candu untuk kesehariannya. Aku terdiam dengan seksama memperhatikan garis-garis tegas diwajahnya. Matanya menjadi focus perhatianku walau mata itu hanya menatap ke candu yang sedang dihirupnya perlahan, tidak bergeming dan bahkan tidak peduli aku ada dihadapannya. Lelaki itu masih diam dan belum bercerita, akupun enggan untuk mengusik dan kubiarkan dia larut dengan candunya sedang aku sabar menunggu.

Sarah Zulkarnaini, Direktur Bimbel 99 Langsa

Monday, 5 December 2016

Sarah Zulkarnaini

Sarah Zulkarnaini, anak muda usia 23 tahun alumni IAIN Zawiyah Cot kala Langsa Jurusan Matematika, seorang direktur Bimbel 99 yang beralamatkan di Jalan Nurdin Arraniry (Lorong D) Paya Bujok Tunong, Kota Langsa (depan Salon Yanti). Disamping itu Sarah  juga mempunyai bisnis online kosmetik Orifleme yang dijualkan kepada teman-temannya. Dara yang aktif ini pernah menjabat sebagai wakil Presma (wakil presiden mahasiswa) periode 2013-2014. Bisa dikatakan bahwa istri dari Marzuki (dosen IAIN Langsa) cukup aktif dalam menjalankan bisnis dan pada waktu kecilpun sudah mempunyai bakat  yang mengarah kepada kondisi yang aktif.

Tips Memilih Pasangan Yang tepat Untuk Menikah

Tuesday, 1 November 2016

Ketika kita dihadapkan untuk memilih pasangan yang tepat dalam menemani kehidupan berumah tangga sampai akhir hidup. Orang lain tidak ada andil dalam memutuskannya walaupun mereka mempunyai pendapat berbagai macam, untuk ini hanya kamu sendiri yang memutuskan karena kamu yang akan hidup bersamanya kelak. Jadi disini ada beberapa tips yang bisa membantu dalam menggapai impianmu itu

Tentang Rasa Cinta dan Rindu

Thursday, 20 October 2016

taken by me
Cinta, rindu selalu seperti mempermainkanku, memang cinta dan rindu itu tidak pernah dilarang, semua orang mencintai, dicintai, merindukan dan dirindukan, semua ini hanyalah tentang rasa. Mencintai dan merindui tetapi tidak berani melepas rasa itu, takut dijauhi, takut dibenci, takut tidak dianggap kawan lagi. Rasa ini tidak semu, rasa ini ada tumbuh dan semakin tumbuh membesar dan berakar semakin hari semakin besar hanya tidak bisa diungkapkan saja, bukan...bukan karena aku seorang perempuan sehingga tidak berani mengungkapkan tapi ini lebih kepada menjaga perasaan.

Kawan berkata" Jujurlah hingga kamu tahu akan perasaan dia". Tidak teman aku tidak berani, aku pengecut. aku takut kehilangan, aku takut dibenci.

Kawan berkata" Ya sudahlah nikmati saja". kamu benar kawan, akan kunikmati mungkin sampai rasa cinta dan rindu ini hilang pelan-pelan bersama sapuan hujan Bulan Oktober. Biarlah ini menjadi kisahku sendiri, perasaanku, rasaku, cintaku dan rinduku kepadamu lelaki sejatiku.

Aku akan coba melupakanmu tapi........apa aku bisa?????? senyummu..photomu....itu telah menjadi candu bagiku dan menemani hari-hariku yang sendiri. Dalam diammu engkau telah mengobati lukaku sehingga aku telah bangkit dari keterpurukan cinta. tatapan tajam matamu (walapun dalam photo) telah menguatkanku untuk bertahan dan tersenyum.

Biarkan cinta dan rindu kumiliki sendiri dan terimakasih telah menguatkanku melalui tatapan matamu walapun itu hanya bisa kulihat diphotomu saja.

(perempuan yang merindukan)






poem - Tear

An author of this poem is my friend, he made this special poem to me some year ago and that time i was in bad condition and need friend to support and he is here for me. than Rod Polister

Tear
Stillness casts a shadow over her
The Sumatran night hovers nearby
Stars overhead hanging in confusion
Insects afraid to disturb her thoughts

Her eyes lowered in supplication to end
The journey consuming hard-won sacrifices
The path rushing to a place called ‘Nowhere’
The dream crashing like a dying meteor.

Does anybody hear her when she cries
Does anybody know if she no longer cares
Does anybody see beyond her eyes
Does anybody enter her cloud of pain.

If anybody is awake to her unspoken need
Or know how to gatecrash her fortress
Engraved into her mind, and has
Locked her away, caged into submission.

If you find her in such a hidden place
Then just take her hand and lead her away
Make sure that you cushion her feet
Because her journey is not yet over.

And just maybe, she will care about you
And open her eyes to the guardian of her sleep
And just unlock her love … and release it
Into a safe place somewhere near your breathing.

Can you collect her sadness inside your hands
Can you find a place inside your heart
Can you touch the moisture of her eyelashes
And collect her tears onto your tongue.

Will she surrender herself to you
Will she allow you capture her soul
Do not forget, she is no one’s possession
Her miracle … she alone possesses you.


Author's Narrative: How does anybody survive the emotional upheaval when self-destruction happens to someone close? Are they defensive and protective towards themselves or do they open up their vulnerability and accept the outcome.                                                                   Rod Polister- 2013

Ceritaku dan Kopi

“Anak  perempuan kok ngopi”  ini adalah pertanyaan yang ditujukan kepadaku saat ditawarin teh atau kopi. Menurutku ini aneh, kenapa perempuan tidak boleh ngopi atau memang budaya ngopi itu adalah otoritasnya laki-laki bukan perempuan.
Well, aku yang terlahir dan besar dipelosok sudah terbiasa dengan kopi, hamper setiap pagi rutinitas kami sekeluarga itu adalah minum kopi setiap pagi yang dibeli diwarung dekat rumah, biasanya aku atau adikku yang kebagian untuk beli kopi, berat sih dan malas karena hamper tidak ada peremuan di warung kopi tapi mau bilang apa udah perintah dari boss besar (bapak) untuk membeli kopi dan pulut. Jadi kopi itu bukan hal yang asing lagi buatku, sudah kebiasaan dari kecil walaupun tidak ketergantungan, ya sekedarnya sajalah.
Jadi wajar juga ketika pindah ke kota pada saat melanjutkan sekolah kebiasaan ngopi itu masih dipertahankan walaupun nga setiap pagi. Awal – awalnya aneh kok perempuan suka ngopi tapi setelah tsunami, entah kenapa satu pertatu warung kopi didirikan mulai dari bangunannya yang sederhana sampai yang lumayan waah. Dan bisa dilihat penikmat warung kopi tidak lagi laki-laki tetapi banyak juga perempuan yang entah minum kopi atau minuman lainnya.
Aku sendiri awal-awalnya masih setia dengan kopi, mencium aromanya saja sangat kunikmati apalagi menghirup kopinya, aku tidak candu tapi kopi adalah temanku. Semakin kesini kopipun sudah mulai bervariasi, entah itu kopi madu, kopi luwak, arabika, robusta, ada pula kopi dingin, kopi es cream, kopiah (ada ya hahaha) dan semakin banyak saja penikmat kopi.  
Suatu hari kopi membuatku menjadi begitu tidak berdaya, entah kenapa kopi begitu membenciku walaupun aku masih setia,  bahkan dia membuatku lemas dan tidak berdaya. Aku tidak membenci, aku masih menikmati aroma tapi aku tidak bisa menghirup lagi (sedih)
Bulan berganti, akupun semakin rindu dengan kopi, walaupun aku bukan pecandu tapi aku mencoba lagi. Yes kopi masih mau bersahabat denganku, pelan-pelan aku menghirup dan menikmatinya, satu menit.. dua menit..tiga menit. Aman !!! akhir aku menikmati lagi kopi.
Tapi cerita aku dan kopi belum berakhir, lagi-lagi kopi membuatku tidak berdaya, aku dipaksa untuk membuka mata…. Ohhhh dalam nikmat ada penderitaan dan aku masih mencintai kopi walaupun tidak bisa menikmatinya setiap hari.

Ini ceritaku dan kopi :) 

Kisahku sebagai perempuan tegar

Friday, 30 September 2016

Panggil aku Iyah, seorang janda yang tinggal di pedalaman Aceh Utara, diusiaku yang sudah 40+ aku tinggal di gubuk kecilku bersama anak angkat perempuankan yang sedang menginjak remaja. Keseharianku mengajar di TK yang kurintis sendiri mulai tahun 2009 dan masih berjalan sampai sekarang dengan gaji Lillahita’ala alias gratis. Rasa saying dan ibaku kepada anak – anak yang tinggal dipelosok ini membuatku bertahan untuk tetap mengajar  dan tawa polos mereka yang membuatku sanggup sampai sekarang. Diusiaku yang sudah 40+ ini juga aku sedang menyelesaikan kuliah S1 ku. Karena aku merasa lebih dihargai apabila memiliki selembar ijazah sarjana ini, akupun sendiri tidak tahu kenapa semua harus dihargai dengan tingkatan pendidikan formal. Entahlah !!!! memelihara seekor sapi dan menjaga keponakanku adalah keseharianku juga.

10 Pertanyaan yang Dikepoin Orang Aceh Kepada Bule

Friday, 22 July 2016

Orang Aceh sejak dulu terkenal dengan keramahtamahannya, ini sesuai dengan slogan "peumulia jamee adat geutanyo" memuliakan tamu adalah adat istiadat kita. Apalagi tamu yang datang itu berbeda dengan kita orang Aceh, sebut saja misalnya orang yang datang dari Amerika atau Negara lainnya, bukan karena orang Aceh yang kepo atau iseng tapi memang seperti itulah yang sudah menjadi kebiasaan di Aceh.
Orang luar negeri terkenal dengan panggilan bule di Indonesia, siapapun dia baik laki - laki maupun perempuan bahkan kadang - kadang untuk perempuanpun dipanggil mister, mister .... mister how are you.... pernah sekali waktu beberapa anak muda bersepeda kesuatu kampung dan pake kaca mata hitam, lalu banyak anak - anak yang berteriak ada mister.. ada mister, ada bule. Sepertinya sepeda dan kacamata hitam itu identik dengan bule (ini di Aceh ya) mungkin karena bule yang datang ke Aceh itu tidak sebanyak yang datang ke Bali.
Kesempatan bekerja di beberapa organisasi social international pasca tsunami membuat saya berinteraksi dengan beberapa pekerja yang berasal dari luar negeri atau membawa konsultan untuk melakukan kegiatan di beberapa kabupaten/ kota di Aceh bahkan ada beberapa orang teman yang menginap di rumah saya di Aceh Utara. Dan yang menjadi menarik adalah dari beberapa kabupaten/ kota yang saya kunjungi saya memperhatikan ada beberapa pertanyaan yang ditanyakan kepada bule itu hampir sama semuanya, baik pada saat kunjungan ke Aceh Tengah, Aceh Barat, Banda Aceh, Aceh Utara dan kabupaten lainnya.
Reaksi mereka berbagai macam ragam, ada yang senang, ada yang cuek bahkan yang paling lucu itu ada seorang bule yang bilang " I am not a monkey and why this people want to talk and look at me". Ada banyak hal yang saya jelaskan, yang intinya adalah orang Aceh itu sangat memuliakan tamu dan suka bertanya dan itu memang bukan hal yang aneh disini dan akhirnya mereka mengerti dan berbaur dengan masyarakat.
Beberapa pertanyaan yang masih saya ingat dan ditanyakan berulang kali oleh orang yang berbeda dan kebanyakan pertanyaan itu bersifat personal adalah:
Asal negaranya dari mana?
ini adalah pertanyaan yang pertama kali ditanyakan, dimanapun dan kapanpun, bahkan pada saat berhenti beli nasi gorengpun yang jualan nasi ingin tau juga, pasti dia Tanya "pane awaknya" orang mana dia. dan biasanya sih mereka tidak pernah keberatan untuk  menjawabnya.
Berapa usiannya?
Pertanyaan ini mungkin sudah biasa dilingkungan kita, usia bukanlah hal yang menjadi rahasia, tapi bagi sebagian orang luar kalau ada orang yang belum dikenal atau baru dikenal untuk menanyakan usia bukanlah hal yang sopan karena ini menyangkut dengan hal personal, tapi untuk sebagian bule yang sudah sering traveling akan lebih easy going ketika muncul berbagai macam pertanyaan seperti ini.

Status?
Pertanyaan selanjutnya yang tidak lebih keren adalah tentang status, bisa dipastikan pertanyaannya adalah sudah kawin? kalau dijawab belum kebanyakan ada pertanyaan selanjutkan yang dikepoin " mau nga sama orang Aceh aja?" Dengan pertanyaan seperti ini ada yang masih nyaman aja dan ada yang sudah kesal juga, dikira tersangka apa hehe, sebagian memjawab"iya orang Aceh cantik tapi saya belum mau menikah" Bagi orang kita mungkin ini adalah pertanyaan yang sangat wajar karena pengalaman saya sendiri selalu ditanyaan kapan kawin, padahal apa sih urusannya sama orang lain dengan status kita.....#kesal #gagal focus. out of topic hahahahaha.

Agamanya apa?
Agamanya apa Sir? lalu bulenya diam (mungkin dia mikir, kok ini orang usil banget ya). ada macam-macam jawaban dan reaksi dari penanya, agama saya traveling, nah loooo bingungkan hahaha, iya secara bulenya suka jalan. Ada juga yang menjawab saya Kristen, terus orang yang bertanya melirik ke saya sambil ngomong "kenapa nga dimasukin ke Islam aja (apa urusanku ya) terus..... kalau ada yang jawab I am a Muslim, langsung yang bertanya menjadi semangat 45 " wow...............Islam? keren ya !!!!" Tanpa ditanya sayapun menambahkan iya dia shalat jumat kemarin itu" orang yang tanya jadi malu - malu bebek karena dia jarang salat dan salut ama tuh bule. padahal ku tau banget tuh bule masih belajar Islam (baru muslim 2 minggu gitu) dan shalat masih bolong - bolong juga :D
Bagaimana menurut kamu tentang perempuan Aceh?
Orang Aceh cantik - cantik dan ganteng ( padahal inikan jawabab umum dari semua orang hahaha) tapi tetap aja muka "meujampok" tersipu malu - malu #bukansaya #kabuuuur. Terus kalau sudah dijawab gitu ada juga yang tanya lagi"kenapa nga menikah dengan orang Aceh aja" #pusing palaaaa

Suka dengan makanan Aceh?
Kalau yang tipenya suka makan apa saja semua masakan Aceh katanya enak, tapi tetap aja durian nga ada yang mau sentuh, kalau yang suka vegetarian, susah kali kita cari tempat karena orang Aceh tu suka makan yang ada ikan - ikannya gitu. Ada yang suka kopi dan cuma suka teh susu.

Suka Kopi?
Aceh sekarang sangat nge booming tentang kopi sehingga pertanyaan ini pasti akan ditanyakan oleh orang Aceh, suka kopi? dan bla...bla.... blaa lanjooot ke warung kopi same tengah malam.

Sudah Mandi?
Pertanyaan  ini sangat aneh menurutku, tapi aku pernah dengar seseorang pernah tanya pertanyaan ini kepada bule. Ini mungkin terlalu perseonal bagi mereka karena aku bisa melihat perubahan mimik muka dari dia. Memang rasa ingin tau orang kita besar sekali sampai - sampai orangpun bingung untuk menjawab apa.

Boleh foto selfie?
Ini sudah seperti pertanyaan yang sangat wajib sekali ditanyakan, bahkan sebagian nga peduli si bule belum jawab sudah difoto aja hehehehe, ada bule yang dengan sangat senang hati untuk berfoto tapi ada juga yang risih dan dia bilang"I am not a mongkey!!" susah juga seh menjelaskan, tapi saya suka bule yang bisa beradaptasi dengan budaya Indonesia (selfie budaya Indo nga seeh?) dan dengan tidak keberatan untuk di foto, saya pikir itu wajarlah... sejauh ini saya melihat banyaklah yang tidak keberatan untuk difoto tapi kadang saya jadi korbanya juga ditarek untuk foto bersama #pasrah_jadi_guide_kadang_kadang
Pertanyaan terakhir adalah........................ this is to me not to bule (Kenapa dia nga diajak untuk masuk agama Islam)
Agak berat untuk menjawab ini karena kadang saya harus menjelaskan dan tidak menggurui atau penjelasan saya ini tidak menyinggung orang yang bertanya (orang Aceh Islamnya sangat kental gitu) ehmmmm Agama adalah sesuatu yang sangat personal bagi seseorang, itu adalah hubungannya dengan Allah swt langsung, kapan seseorang mendapatkan hidayah disitulah waktunya. Semua orang memiliki pilihan yang tepat masing - masing untuk agama yang diyakininya dan tidak ada pemaksaaan dalam memilih agama apapun, terlepas dari itu hubungan saya dengan bule ini adalah hubungan yang secara horizontal yaitu hubungan sosial, budaya dan prilaku yang baik tanpa mengkait - kaitkan agama tapi bila ada yang tertarik untuk bertanya maka dengan senang hati saya akan menjawabnya sebatas pengetahuan saya ( ada beberapa bule yang tertarik tentang Islam dan bertanya tentang Islam).

Terlepas dari semua pertanyaan - pertanyaan kepo ini, ternyata orang bule itu suka datang ke Aceh dengan berbagai macam alasan, baik karena liburan ataupun penelitian dan lain - lain, banyak yang berkesan dengan keramahan orang Acehkarena memang orang Aceh itu pada dasarnya sangat ramah dan memuliakan tamu.




Jadi selamat datang di Aceh dan silahkan menikmati pertanyaan – pertanyaan tersebut dan anggaplah itu bagian dari keramahtamahan orang Aceh.

Hijrah Saputra, Mutiara dari 0 KM Indonesia

Monday, 27 June 2016

Pulau Weh (Sabang) adalah salah satu kotamadya yang ada di Provinsi Aceh, kalau ingin mengelilingi Indonesia maka mulailah dari Pulau Weh karena di sinilah 0 km nya Indonesia di mulai. Hijrah Saputra Yunus adalah salah satu anak muda berbakat Aceh yang lahir dari Sabang. Menulis tentang Hijrah tidak akan pernah habisnya dan mungkin akan terdiri dari beberapa episode sesuai dengan prestasi yang dicapainya dan mungkin saja bisa sebuah buku (ehmm...menarik untuk dicoba)

Pertanyaannya kenapa harus menulis tentang Hijrah? kan masih banyak pemuda berbakat lainnya yang ada di Aceh. Mungkin ada sebagian orang yang bertanya seperti ini, eit.... jangan cemburu. Nah.. kenapa Hijrah???

Menurut aku sendiri sih Hijrah itu penuh dengan semangat positif dan semangat positif itu harus disebarkan kepada orang agar mereka juga termotivasi untuk menjadi positif dan seluruh Aceh nantinya akan positif (nyambung nga sih hehe)

Well... Hijrah itu pemuda yang penuh semangat positif dari segi apapun dan tidak pernah habis habisnya energy itu mungkin seperti baterai alkaline kali yaa....dia selalu bersemangat untuk menyebar kebaikan sehingga sangatlah wajar dia menjadi duta wisata sepanjang masa di Sabang dan Agam Provinsi Aceh.

Seperti slogan yang terkenal di Aceh "peumulia jamee adat geutanyoe" (memuliakan tamu adalah adat istiadat kita) begitulah seumpamanya HIjrah, selalu mempositifkan Aceh kepada siapapun dan kapanpun, sangatlah wajar kalau anak muda ini selalu disibukkan dengan berbagai kegiatan yang positif.

Pemuda yang murah senyum dan penuh prestasi ini begitu aktif di dunia usaha dan ini membuat dia terpilih sebagai salah satu wirausahawan muda dari Aceh. Dia mempromosikan Aceh melalui media gambar yang didesign nya sendiri di baju - baju kaos, design yang unik dan lucu yang kesemuanya itu mempromosikan Aceh.

Hal positif lain yang dilakukannya dan memotivasi anak muda Aceh adalah #piyohnote, banyak kata - kata di piyoh note yang menginspiratif. Masih banyak prestasi lain yang disandang Hijrah dan kesemuanya itu menjadi pembelajaran bagi semua anak muda Aceh untuk terus mempositifkan Aceh.

Untuk Hijrah!!! teruslah bersinar dan menjadi mutiaranya Indonesia.

Untuk mengenal Hijrah bisa kepoin di instagramnya #hijrah25 atau mau seru seruan baca tulisannya lanjut aja ke hijrahheiji.blogspot.co.id
nih orangnya :) dengan hasil pruduknya, keren kan

mau kenal lebih dekat, langsung aja di kepoin ya

salah satu piyohnote yang sangat inspiratif

 

Terima Kasih Ustad Basalamah Karena Caramah Anda Telah Menguji Kesabaran Kami di Aceh

Monday, 20 June 2016

Bulan ramadhan ini dihebohkan oleh caramah Ustad Basalamah yang di unggah di youtube yang isinya tentang kenapa tsunami terjadi di Aceh. Ceramah ini membangkitkan amarah yang luar biasa bagi masyarakat Aceh, mereka tidak bisa menerima atas semua perumpamaan yang dibuat oleh sang Ustad. Apalagi Aceh merupakan daerah syariat islam, seakan - akan ceramah tersebut telah mencoreng muka orang Aceh karena menurut beliau dosa berjamaah yang dilakukan oleh orang aceh itulah yang menyebabkan tsunami terjadi.
 
Sayapun sebagai orang Aceh tidak menerima semua tuduhan tersebut, bagi saya sendiri saya merasa itu adalah fitnah karena sampai sekarangpun saya tidak pernah melihat bagaimana itu bentuk pohon ganja apalagi menanam di halaman rumah, itu tentu tidak mungkin sekali. Emosi sudah pasti dan rasanya ingin berjumpa dengan sang ustad untuk mempertanyakan tentang semua teorinya.
 
Tapi................... saat Saya membuang semua emosi itu, saat saya berfikir kembali dan merenungkan kembali isi ceramah tersebut, saya BERTERIMA KASIH kepada Ustad Basalamah. Allah membuka mata kita melalui beliau, mungkin selama ini kita terlalu sombong dengan gelar syariat islam yang kita miliki tapi nilai - nilai keislaman yang masih jauh dibawah standar. dengan adanya ceramah itu kita akan mengkaji lagi keislaman yang ada di Aceh, Beruntung kita tidak diberikan musibah tapi cukup ceramah itu membuat kita tersadar kembali untuk menjalankan islam yang lebih kaffah di Aceh karena Allah mencintai kita.
 
mungkin Ustad Basalamah telah salah dengan analisanya tapi tidak perlu kita berbuat salah lagi dengan mencaci maki sesama orang muslim, mari jadikan ini sebagai pembelajaran dan meningkatkan persatuan diantara ummat muslim.
 
Ustad Basalamah hanya manusia biasa, sama juga seperti kita. tapi kita bisa  jadikan moment ini untuk lebih memperdalam lagi pengetahuan agama kita. Tidak perlu kita saling menghujat apalagi kita sesama muslim.
 
 
 
 

How To Transfer and Receive money through Western Union

Thursday, 16 June 2016

This morning I got massages on whatapps from my friend, some one stolen all her money at her bank card and now her card is block, she just has  10 euro with her now and she in in Pangandaran, Java Indonesia. She came from Spain to Indonesia for holiday. This is very sad but yeah she has to face all of this problem, her Bahasa Indonesia is so limited that make her difficult to explain to the people for help there. So she asked me help to speak to local people at Indomaret where there is Western Union on phone and explain to  shop keeper.
 
Because she just has 10 euro with her and she asked help from her friend in Spain. her friend will send her money through Western Union and the problem for both of them is this is the first experience for them use Western Union.
 
I ever had  experience to send receive money through Western Union  so I would love to share here how to transfer and receive money through Western Union. here is what need to prepare when you send and receive money.
 
Sending money:
  1. visit to the place who have a western union, usually in Indonesia u can find it at Bank, post office, indomaret and pergadaian
  2. show your id card
  3. fill the form and give money to official and show  your identity
  4. sign and you will get MTCN number
  5. give this MTCN number to someone that you send the money.
 
Receive money
  1. MTCN number
  2. the identity od sender
  3. your id card/ passport
  4. meet an official and tell them that you want to get the money
  5. fill the form that official give to you
  6. signature and then wait for some minute and money will be on your hand.
Hope this can help anyone who want to transfer money through Western Union

Lelaki dalam Mimpi Itu

Wednesday, 15 June 2016


Kamu misterius bagi orang lain tapi tidak untukku
Aku mengenalmu, tidak lebih!
Tidak suka dan tidak ada rasa
Semua wajar – wajar saja seperti seperti seorang teman
Cuma lewat dalam kehidupanku
Hanya tersenyum dan bicarapun jarang.
Kecuali mata elangmu yang menebar pesona
Tapi bisa terabaikan
Karena kamu memang pendiam dan tidak suka bercanda
Ini hanya penilaianku saja karena kita hanya teman dan tidak lebih dari itu
Tapi….. entah kenapa tiba – tiba rasa itu hadir dalam diriku
Kamu menjadi perhatianku, kamu juga ada dipikiranku

Kenapa begitu tiba – tiba !!!! ah…tentu ada sebab?? pasti!!!
Yach sebab dan akibat !!!!!!

 
Sebenarnya semua yang terjadi dalam kehidupan itu bukanlah suatu hal yang “kebetulan” saja
Semua itu sudah diatur oleh yang Maha Kuasa.
Mungkin sebabnya sungguh sangat sepele dan tidak masuk akal barang kali karena ternyata rasa itu ada hanya karena “mimpi”

Mimpi yang terasa begitu nyata ….
Mimpi yang membuat aku tersadar bahwa tidak ada yang kebetulan, begitu juga dengan rasa
Mimpi yang membuat aku berpikir tentang kamu.
Mimpi bertemu dengan kamu dan aku curhat tentang kesedihanku, tentang duka yang sedang kuhadapi.
Ahhh... Engkau memang orang yang pantas untuk berbagi segala suka duka. Masih terasa nyata tangan mu menghapus air mata ini walaupun itu hanya dalam mimpi, kamu begitu bijaksana.

Walaupun dalam mimpi, kau sadarkan aku tentang hidup yang belum berakhir dan perjuangan yang masih terlalu dini untuk menyerah. ya... cuma kamu dan cuma kamu yang bisa.


Mimpi yang sangat sederhana tapi disini nih kerasa banget !!!(sambil nunjuk dada)

Aku mimpi duduk didekatmu sambil curhat tentang kekasih hati yang telah pergi dipanggil Allah swt, kamu hanya diam sambil mendengarkan semua keluh kesahku sampai aku selesai bercerita, dan masih dalam mimpi juga, kamu mengambil beberapa foto saat aku bercerita dan kamu hanya bilang itulah ekpresi aku yang sedang larut dalam kesedihan.

Ketika aku bangun dari tidur dan menyadari itu hanya mimpi tapi mataku basah dan aku melihat air mataku masih belum kering, aku bermimpi tapi ketika aku terbangun aku masih menangis. Sungguh mimpi yang sangat dalam penuh dengan makna.

Semenjak itu aku sudah mulai memendam rasa, entah itu apa

Begitu nyata dan jelas wajahmu dalam mimpi dan aku sangat - sangat mengenalnya, ah tapi sudahlah........Aku ingin kamu tetap menjadi misterius karena aku tidak kuat kalau kusadari itu tidak nyata karena aku sudah mempunyai “rasa”
 
Andai aku punya keberanian untuk mengungkapkan ini tapi sudahlah, biarkan aku menghindar dan menjauh darimu sampai rasa ini juga pergi menjauh!!!!
 
 


GOD, PLEASE HUG ME TIGHT

Sunday, 22 May 2016

I lost all my tear, there is no reason to cry, I really really do all my best but as a human being I am not that muc.h strong, I need you ALLAH, You always there for me to help because You Love me, but GOD why I am still feel lonely, I need someone beside me, I need someone here for me.

GOD... there is no reason for worse thing in life because what ever you do to me is all good thing but sometimes I cannot manage my heart, I need someone to help. I always try my best here in life, all best in my thought is not all best in GOD way, because GOD do the rest.

If GOD give me change to return, i really want be to 3 years ago and that time i didn't know him, that I can felt happines.

GOD, i need your hug, please hug me tight and make me feel safe,  I need you GOD, there no one I cant trust except YOU and only YOU.

GOD..... please give me happines, please help me to solve this problem, please help me to make someone happy, I beg to you GOD, please make all dream came true.

GOD.... give me the way to solve all this, I want to be stronger woman, I want to solve all problem and I want YOU hug me tight.

This is what I want from you GOD !!!!!http://ceritawarungkupi.blogspot.com

I copy this from my other blog

Biasakan dengan kata kata yang baik

Tiba - tiba teringat lagi cerita 3 tahun yang lalu, waktu itu masih pagi dan pergi kekantor, tak ada angin tak ada hujan, suara berat menegur seperti ini.

"Kok lewat sini dek, itu ada jalan besar tidak  liat? Pantengong x kok!!" deg.....Tiba - tiba jantung seperti berdetak tidak wajar dan kencang. Pagi - pagi sudah disapa dengan kalimat tidak enak begini, apa salah ku?? seumur hidup dan selama tinggal di Banda Aceh baru kali ini dengar cakap orang yang sangat luar biasa seperti ini, menyakitkan dan menusuk sampai ke hati.

Hari - hari biasanya saya menggunakan sepeda motor ke kantor dan kebetulan hari ini sepeda motor nya tinggal di kantor dan terpaksalah aku berjalan ke depan untuk mendapatkan kendaraan, sudah lumrah setiap orang yang jalan kaki akan mencari jalan pintas, begitu juga denganku, dari pada jalan seperti huruf L makanya ku buat lurus lewat depan fitness ( masih wajarlah lewat depan rumah/ toko/ atau apapun lah). Entah kenapa hari ini tiba - tiba ketika lewat di depan fitness itu disapa dengan kalimat yang menyakitkan itu.

Sambil jalan, aku terus berfikir, dosa apa yang kubuat? siapa yang telah kusakiti? kenapa aku harus diperlakukan sangat keji seperti ini? Jelas aku tidak bisa terima, mau dilawan badannya pun segede hantu dan berorot gitu. Wah.... mungkin dia jijik sama cewek yach, kalau cowok yang lewat pasti dia bilang " mampir cien" (dengan gaya - gaya lebai gitu) ha ha ha.

Begitulah cerita waktu itu, tapi ini menjadi pelajaran yang sangat berharga untuk aku dan mungkin teman - teman yang membaca tulisan ini, biasakanlah untuk menggunakan kata - kata yang baik dan tidak menyakiti hati orang lain, hidup itu terlalu berharga untuk dilewatkan dengan berpikiran negative karena kita itu tidak hidup untuk selamanya, jadilah manusia yang bermanfaat untuk orang lain, cobalah untuk tidak menyakiti walupun kadang itu berat tapi berusahalah sodara - sodara.

Semangat Hari Dengan Secangkir Kopi

Monday, 16 May 2016

Terkenang masa kecil nan Indah di kampongku yang penuh dengan sejuta kebahagian dan keceriaan dan mungkin ini tidak berlaku lagi untuk anak - anak sekarang, terbiasa bangun pagi - pagi kemudian shalat subuh berjamaah bersama puluhan santri yang mengaji dirumah yang diimamkan langsung oleh Abi atau Ummi setiap paginya. Setelah itu masing - masing berbagi aktifitas, ada yang menyapu, mencari kayu bakar karena pada saat itu memasak masih menggunakan kayu dan sebagian santri membantu ummi memasak, setelah semua selesai masing - masing akan pulang kerumahnya dan persiapan untuk pergi sekolah.
 
Kebiasaan Abi setiap pagi adalah  minum kopi dan yang kebagian membeli kopi adalah kami anak - anaknya, kadang rishi juga pergi kewarung kopi karena yang duduk diwarung kopi adalah laki laki semua, tapi apalah daya perintah ayahanda harus diturutin (ciri - ciri anak yang berbakti). kamipun membeli kopi dan kue pulut, kue pulut ini dibuat dari ketan dan dibakar, memanglah cocok dengan kopi. sluuuup kopipun diminum sampai habis dan terasa nikmat.
 
Disetiap kampong itu pasti ada warung kopi dan semua bapak - bapak berkumpul diwarung kopi setiap hari, entah apa yang dibicarakan yang jelas setiap hari selalu ada topic yang diperbincangkan. yach Aceh memang dari dulu terkenal dengan orang yang suka minum kopi dan pada saat itu semuanya masih tradisional.
 
Segelas kopi arrabica madu di BLPD
Sekarang, Aceh semakin terkenal dengann ratusan warung kopi yang tersebar disepanjang jalan dan hamper semua warung kopi itu penuh dengan orang baik laki - laki dan perempuan. Ini menjadi menarik karena sebelumnya tidak ada perempuan yang duduk diwarung kopi, waktu itu perempuan tidak bagus untuk duduk ditempat umum, tapi sekarang kesetaraan itu semakin ada (nga ngertilah apa ini kesetaraan gender, masih awam saya). Bahkan mereka sanggup duduk  sampai larut malam, laki - laki dan perempuan (saya juga kadang - kadang heehe)
 
Kopi jaman sekarang itu sudah sudah berbagai macam model dan gaya, ada kopi tubruk, arabika, robusta, dan entah apa lagi namanya, rasa - rasanya ini akan selalu menggugah iman para penikmat kopi dan pengusaha kopi pun semakin menunjukkan taringnya (suatu hal yang positif tentunnya) apalagi baru - baru ini di Banda Aceh dibuat festival kopi international, tentu saja kopi ini akan semakin terkenal.
 
 
 Warung kopi selalu ada orangnya hampir 24 jam setiap hari. Kopi memberikan semangat dan aromanya membuat hari - hari penuh semangat.

Semangat bekerja dan maring ngopi !!!


Selfie salah satu gaya hidup

Friday, 22 April 2016


Sebagai orang Indonesia, selfie sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari – hari, apapun kegiatan, dimanapun berada tanpa selfie maka tidak lengkaplah hidup, ini berlaku kepada siapa saja orang Indonesia, termasuk saya juga. Kalau belum berselfie belum lengkaplah rasanya hari hari, bahkan siap menggadaikan keselamatan jiwa sendiri karena ingin berselfie. Kadang saya berfikir selfie itu sudah seperti narkoba yang menjangkit dan menjalar begitu cepatnya.

Pengalaman saya sendiri, waktu itu saya mengunjungi salah satu tempat wisata di Aceh Selatan untuk pertama kalinya di Tapak Tuan, rasa kagum dan ingin menunjukkan sama teman – teman hasil selfie saya membuat saya begitu bersemangat untuk berfoto disana, dengan melewati celah – celah batu saya segera menuju ke Kaki Tuan, tapi sekitar 2 meter saya hampir sampai disana tiba – tiba ombak besar datang dan saya langsung reflek meloncat ke batu yang agak tinggi, masih dengan perasaan yang tidak karuan saya terpana, hampir saja kehidupan saya berakhir disana, nauzubillah. Setelah itu saya tidak berniat selfie lagi dan hanya menfoto pemandangan saja.

Ketika saya berkunjung ke salah satu pantai yang ada di Aceh Besar dengan salah satu teman saya yang berasal dari Inggris, kita juga melihat pemadangan yang sama, selama hampir 2 jam kami menghabiskan waktu disana dan ngobrol berbagai macam hal, puluhan muda mudi berselfie yang tidak habis – habisnya, mereka tidak lagi menikmati pantai tapi menghabiskan waktu sampai 2 jam untuk berfoto selfie, dari kamera besar sampai kamaren. Kamipun tidak mau ketinggal walau hanya 1 selfie tapi bolehlah, tidak mau kalah dengan ABG hehe.
satu aja selfie tidak boleh banyak :)
Bahkan teman saya yang orang Inggris itu menjadi artis dadakan, sedang asik – asik kami ngobrol tiba – tiba ada yang yang datang dan bilang “ Can I have selfie with you” dan belum dijawab sudah ceklek…. Di foto hehehehe, diapun tertawa dengan expresinya, hidup ini Indah kalau dinikmati

Kembali ke topic selfie, belum lama ini ada berita duka dari Pasie Saka (pantai Saka) salah satu pantai terindah di Aceh Jaya dan mulai ramai dikunjungi di akhir tahun 2015. Saya sendiri belum sempat kesana tapi dari foto yang saya lihat memang Pasie Saka itu Indah dan diburu oleh orang yang suka keindahan alam seperti saya (sok ngaku, padahal entah iya) kabar dukanya adalah 2 orang perempuan meninggal pada saat selfie disana, mereka sedang selfie diatas batu tiba – tiba datang ombak besar yang menyebabkan mereka jatuh ke laut. Sungguh menyedihkan, jauh – jauh datang dari Kota Langsa untuk menikmati pemadangan tapi berujung maut, karena janji dengan Allah memang sudah disitu dan tidak ada seorang pun yang tahu, kapan dan dimana akan meninggal. Bukannya mereka tidak hati – hati tapi ketidaktahuan tentang suatu tempat atau selfie itu yang membuat ketagihan sehingga musibah tersebut terjadi.

Dari kejadian tersebut ada pembelajaran yang bisa diambil oleh kita semua, yaitu:

1.       Tidak ada yang melarang kita untuk berselfie tapi berhati – hati itu penting

2.       Kenalilah tempat yang dikunjungi, tanyakan kepada masyarakat sekitar tentang situasi

3.       Selfie tidak perlu banyak – banyak karena tujuan kesana adalah menikmati pemandangan alam

4.       Jangan terlalu riang gembira, nikmati alam dan syukuri, jangan berlebihan dalam menikmati sesuatu

Pembelajaran dari peristiwa duka ini bisa membuat kita untuk lebih berhati hati lagi.

Surat Untuk Penulis

Friday, 8 April 2016

Dear para penulis
Nasehat ini mungkin tidak pantas dari saya karena saya juga tidak menulis setiap hari dikarenakan berbagai macam alasan ataupun mencari - cari alasan tapi percayalah nasehat itu kan bias dari siapa saja asalkan menebar virus - virus yang positif. Mungki saya adalah golongan dari kebanyakan yang mengatakan hobbinya menulis tapi kenyataannya nga sebulan sekali menulis, tapi begitulah hidup.
 
Dulu sebelum mengenal blog saya rajin menulis dibuku dan waktu luangpun banyak sekali, maklumlah masih muda tapi disaat usia yang semakin senja ini rasanya waktu yang sudah ada tidak cukup lagi, karena sudah banyak terbagi - bagi padahal masih sendiri kan ya coba sudah ada pendamping dan anak - anak pasti semakin jauh saya dengan menulis ini, eehh belum tentu begitu!!! banyak penulis yang bias membagi waktu (jangan contoh saya ya)
 
Dear para penulis
Saling mengingatkan kebaikan itu perlu walaupun belum tentu orang yang mengingatkan itu lebih baik dari orang yang membacanya, tapi kalau ada manfaat mengapa tidak, mengapa saya tertarik untuk menulis surat ini untuk kalian, bolehkah saya berbagi pengalaman???
 
Almarhum Abi saya lahir tahun 1933 dan beliau meninggal tahun 2003, apa yang beliau tinggalkan dan membuat saya terkesan dan kadang terharu sendiri adalah kebiasaan beliau yang selalu menulis semua kejadian sampai - sampai lahir anak sapi pun tercatat dengan sempurna, dan itu menjadi kenangan manis dan obat pelepas rindu, kalau hanya sekedar melihat foto itu sudah biasa, tapi membaca catatan  demi catatan kehidupan membuat seolah - olah belaiu hadir dan kita ngobrol bersama. itu sungguh luar biasa bukan? 
 
Sayapun demikian, ketika saya menemukan catatan  demi catatan harian yang saya buat dulu membuat saya tertawa membacanya, ada cerita sedih, lucu dan bahkan tidak karuan tulisannya.
 
Dear para penulis
Dari situlah saya ingin mengingatkan kalian untuk rajin menulis, abaikan kalau ada orang yang mengejek tulisanmu, abaikan kalau kadang kita tidak nyambung dalam menulis, abaikan walau kita sendiripun tidak mengerti yang kita tulis hehehehe tapi yakinlah semakin sering kita menulis semakin bagus tulisan kita.
 
Dengan menulispun bias melatih otak kita untuk bekerja dan tulisan ini bias kita baca kapanpun, artinya dengan ada tulisan kita bias mengingat episode demi episode perjalanan hidup, contohnya tulisan Abi saya yang masih bias saya baca sampai sekarang walaupun beliau sudah tidak ada lagi.
 
Dear para penulis
Ini hanya sekedar nasehat dari saya, ambillah manfaatnya saja dan rajin - rajinlah menulis ya (ingat!!! yang mengingatkan ini belum tentu rajin menulis tapi saling mengingatkan itu penting :) )
 
Happy Friday all dear friend
08 April 2016

Pesan untuk Pejabat Aceh yang menggunakan Jam Karet

Tuesday, 5 April 2016

Tulisan ini bukan untuk menjelekkan Tanah kebanggaanku tapi ini adalah kenyataan yang terjadi dan kualami sendiri dan sering kali, disamping pekerjaanku yang memang mengundang para pejabat untuk hadir juga di sela sela waktu senggang menyempatkan diri untuk menghadiri beberapa acara yang didalamnya juga mengundang para pejabat untuk hadir sekaligus membuka acara, walaupun pengunjung sudah sesak nafas dan kursi sudah penuh terisi tapi dikarenakan pejabat yang membuka acara belum dating terpaksalah menunggu sekian jam dan itu sudah sangat menghabiskan waktu dan merusak rencana yang sudah dibuat, sakitnya tuh nga tau bilang dimana.
 
Bisa di bayangkanlah kalau acaranya itu dimalam hari dan ada isu di kota itu perempuan harus tidak boleh lagi berada diluar diatas jam 23 malam, kebayang dong gimana resahnya aku sebagai salah seorang yang patuh pada peraturan tersebut, jam 9 aja belum dibuka acara karena menunggu sang pejabat satu orang.
 
Menurutku, jam karetnya pejabat ini sangat riskan sekali karena ini berhubungan dengan hajat hidup orang banyak, bayangkan berapa banyak orang yang harus merubah rencana yang sudah dibuat hanya gara - gara satu orang pejabat itu??? Mungkin ada juga pejabat yang tepat waktu tapi berapa orang????
 
Kedisiplinan adalah salah satu kesuksesan, ketida sudah menjadi pemimpin maka belajarlah untuk menjadi disiplin karena lagi  - lagi itu berhubungan dengan hajat hidup orang banyak karena anda itu adalah pelayan bagi masyarakatku.
 
Ketika pejabat disiplin dan tidak jam karet maka akan mudah dalam mengatur semuanya, Nabi Muhammad SAW sungguh bisa menjadi contoh tauladan bagi kita semua untuk segala hal karena beliau sungguh sempurna.
 
Orang luar negeri saja mencontoh perilaku nabi kita, mereka kalau ada janji pasti datang lebih awal dan harus menunggu begitu lama untuk memulai acara, dan pernah pengalaman memalukan pada sebuah acara club bahasa, saya sudah mempromosikan dengan baik dan berhasil membuat orang luar negeri itu tertarik menghadiri club tersebut dan yang terjadi adalah kami menunggu sampai 2 jam dan hanya dua orang yang datang, malunya itu tidak tau bilang dimana.
 
Untuk para pejabat, ada beberapa hal yang ingin kusampaikan kepada kalian:
 
Disiplinlah dalam bekerja dan waktu yang sudah ditetapkan, usahakan untuk datang lebih awal apabila diundang, jadilah contoh yang baik untuk bawahan anda.
 
Contohlah Perilaku Rasulullah dan InsyaAllah masyarakat akan mengelu - elukan anda.
 
Jangan biasakan menggunakan jam karet Karena jam karet hanya laku ditempat kita.
 
Sekali - kali, pergilah keluar (ingat yaaa!!!!!! uang sendiri bukan uang Negara) dan lihatlah bagaimana disiplinnya mereka dan bisa menjadi pelajaran buat kita.
 
Sungguh kami tidak menuntut kalian untuk memperhatikan lebih kami, tapi jadilah panutan yang betut - betul panutan dan bukan hanya semu semata.
 
ingat...ingat... ting !!!! hhehehehe
Love u pull laah pejabat!!!!!!!!!!!!!!!
 
 
 
 

Cita - Cita Abadi dan resolusi 2016

Wednesday, 23 March 2016

Tahun 2016 sudah 3 bulan berlalu, sekarang sudah di penghujung Maret 2016 tapi resolusi untuk tahun ini belum lagi tertulis dikarenakan kesibukan yang sangat menyita waktu dan istirahat, belum lagi deadline kerja yang harus diselesaikan ditambah dengan kerja keluar kota, rasanya seperti menumpuk - numpuk sehingga menulispun tidak focus lagi.
 
Berbicara tentang harapan - harapan yang ingin dicapai di pergantian tahun sebenarnya semua orang mempunyai harapan itu, akupun demikian,, harapaku selalu muluk muluk setiap tahunnya sehingga tidak ada yang tercapai sampai 100 % , begitupun tahun ini, meskipun aku tahu itu akan menjadi PR yang menumpuk tapi tetap saja aku berharap dan terus berharap, tidak pernah putus asa. Harapan yang belum tercapai ditahun sebelumnya menjadi prioritas di tahun 2016 ini.
 
Temanku menyarankan untuk membuat harapan itu sebanyak jumlah usia tapi itu terlalu erat bagiku karena usiaku sudah kepala 3 hehehe, jadi kutuliskan saja yang memang betul - betul menjadi prioritas.
 
#1 Aku ingin sekali bekerja dengan organisasi international / UN
Ini adalah harapan yang terus nongkrong manis di list harapan ku, iya bekerja di UN adalah cita - cita, walaupun kadang banyak yang mengejekku dan bilang untuk berhenti berharap tapi harapan ini sudah tertulis dari tahun 2013, Tuhan punya kuasa, akhirnya minggu ke tiga Februari 2016 aku bekerja di salah satu kantor UN dan ini adalah luar biasa, Tuhan telah memdengar doa dan usahaku berhasil, sekarang tinggal saja bagaimana bekerja dengan baik dan baik dan baik hehehe.
 
#2 Aku ingin menikah
Menikah adalah cita - cita semua orang, memiliki seseorang yang memperhatikan kita dan selalu bersama - sama dalam duka maupun suka, harapan ini sudah ada semenjak usia 23 tahun, tapi apalah daya, sampai sekarang masih sendiri, jangan tanyakan sudah berusia berapa sekarang hahaha. Bukan tidak pernah berusaha ataupun terlalu memilih tapi takdir telah ditetapkan dan aku yakin Tuhan telah mempunyai rencana yang tepat untukku, waktu saja yang belum dating dan apakah aku harus menebar pesona atau kalau kak sari bilang mengg*t*i??? hahaha
 
3#Aku ingin sekolah lagi
Usia boleh tua tapi semangat belajar tidak boleh putus, inilah slogan yang aku punya untuk menyemangati diri supaya kuliah lagi, kuliah tentunya mengeluarkan dana yang besar dan aku tidak mampu untuk itu, sekarang banyak orang berburu beasiswa dan persaingannya pun cukup kuat tapi aku harus semangat !!!!!!!!!!! doakan saya ya
 
4#Aku ingin traveling keluar negeri
Ini cita - cita dari kecil, entah sejak kapan muncul tapi ini semakin besar saja keinginan tersebut, sampai sekarang baru 3 Negara yang sudah kukunjungi dan aku ingin sekali mencapai semua pelosok dunia ini, dan ini selalu menjadi prioritas.
 
5#Aku ingin menjadi kebanggaan orang tua
Orang tuaku adalah segalanya didunia ini, tidak bias ditukar dengan apapun, tahun 2016 menjadi tekatku untuk merawat ibuku yang sudah tua, cintaku kepada beliau tidak akan tergantikan. rinduku kepadanya siang malam, pikiranku 24 jam tertuju kepada wajah yang teduh itu, Allah berikanlah kesempatan kepadaku untuk berada disampingnya dan menjaganya seperti mutiara.
 
Ini adalah cita - cita abadiku, yang akan kukejar sampai aku mendaptkannya :)
Hidup memang penuh dengan misteri dan kita tidak akan tau kapan itu akan tercapai tapi ketika kita yakin maka Tuhanpun akan mengabulkannya.
 
amin
Tapak Tuan, 23 Maret 2016, resolusi yang tertunda
 
 
 


4th week at new office

Monday, 7 March 2016

it was long time not write in my blog, not because I don't have idea but I am to busy at my work, yeah I got new job and this is my 4th weeks working here. I am working with humanitarian organization and still same for DRR, disaster risk reduction.
 
I thought my passion is here, wish to be a great one, one day for sure will be a DRR delegate, I will do my best and God will do the rest. for sure.
 
I love writing but sometimes I don't have time to write, time is to short for me to spend all day long in the office but what can I do, I also cannot stay all day in home, it could be so boring right? let make life balance, manage time is important, time to work, friend, family, me time. All of that important.
 
Well, its in the office now and I have to work because its time to work, will write later because I have a lot of idea in my mind, this is just to refresh mind in the morning and miss writing.
 
caw caw with other stories from Zatin :)

What foreigners "bule" ask when they are in Aceh and My Answer

Friday, 12 February 2016

Aceh most popular after tsunami, many countries know about Aceh because of tsunami, of course before tsunami foreigners also come here as a tourist, they come to Lhok Nga for surfing  and to Pulau Weh for diving. And now after tsunami there is more other reason to come, not only for surfing or diving but also to do research, teaching or studying at university and some marry with the local people.

And now there is an other issue what make them want to know about Aceh, it called " syariat islam" Islamic special role in Aceh. and because of this i faced similar question from different bule and sometimes make me confuse to answer that because I don't have good knowledge about it. In other hand I want to be a good agent of Aceh people so I have to answer with good statement to make them know more about Aceh and love Aceh. So this is a hard work actually but I have to, because many people have misunderstanding about Aceh even for Indonesian who never came to Aceh yet. 

These questions are:

1#As a woman do you feel they force you to cover your head ?
I cover my head since I was 13 year old that time I was at Junior High School not because i studied at islamic school but my parent teach me how to act like a muslim, they told me to cover this because that is mention in our holy book "Al-Quran" Allah said to our prophet Muhammad to tell to all sister in islam to cover their body and head, and this really useful for me because man will respect and act good to me. I don't say who not wear hijab is bad, because what make people bad and good is they attitude, if they have good attitude it mean they are good. For woman who choose to cover their head is come from her heart not because government made this Islamic law, Islamic law is good but remember, what all you do is because of you really want to do and not force by sharia,  when you do it by your self then you will peace in side, I don't say you can not to cover your head but follow your heart is better, do your best and God will do the rest
2#What do you think about Islamic role?
I think is Islamic role is good as long as it base on the rule from Al Quran, Hadith and Islamic leader, its become not good if someone who make this rule didn't understand about this rule, let an Islamic leader think about this, I don't said government don't good with this but when encourage the right people in this then all will be better. The right man in the right place
3#Why you cannot host man in your house?
This also another question to me from foreigner, its difficult for me to explain sometimes because western and eastern have different culture, the rule of the place where I life here is not allow a strange man to stay with woman because I don't life with parent here. That will be fine if I stay with parent (more answer you can ask to my personal email zatin.abdullah@gmail.com
4#Why you cannot marry with man who have different believe with you?
Another difficult question, will fine a good resource for this and we can discuss more for :)
5# Do you ever host a foreigners who are not nice to you?
My motto is good people will meet good people so, as long as you are good to other then other people will also good to you, never worried about negative think because there is God always with you.

This is some question to me from my friend, If you have any comment or you want to discuss this issue let find me on my email zatin.abdullah@gmail .com or through my facebook zatin Abdullah zatine_ab@yahoo.com

Thank you and happy life :)
 

pascualino Maraja by Couch surfing

Aceh dance by youth of Singapure Red Cross

Surat Untuk Bapak

Abi....!!!!
Tahun 2003 Abi pergi menghadap Tuhan, tidak terasa sudah 12 tahun Abi tidak berada disampingku tapi aku merasakan Abi selalu hadir dan menatapku walaupun dunia kita sudah berbeda, I feel you here my love Abi, I can feel your hand hug me, sweep my tear, I feel you when I close my eyes and that make me smile and remember all that memories with you, you are my only and the only my love Abi forever.

Love Is

Wednesday, 10 February 2016

Semua orang ketika dihadapkan dengan pertanyaan "apa itu cinta?" akan terdiam sejenak dan tersenyum sendiri karena bingun untuk menjawab, bahkan secinta - cintanya dia, dia tidak bisa menjelaskan pertanyaan yang sangat sederhana ini. Ada yang sampai mengulang ngulang pertanyaan itu sendiri seperti "cinta adalah..... cinta is... cinta ehmmm, ada pertanyaan lain tidak selain ini" see !!!!!!!! people will confused about this simple question, Love yeah... love, its so difficult to describe. Pertanyaan yang sangat sederhana tapi menjawabnya penuh dengan rasa.

Neil in Memories (True Love Story)

Tuesday, 2 February 2016

His name is Neil Paul Henry from UK, I know him since 2011 I forgot exactly in what month, maybe April, first time I know him on conversationexchange.com. I asked my friend Agus about the website can learn language then he tell me this site,  so..I registered to the site and there I found many people who want to learn Bahasa Indonesia and for that they teach English. then I send email to some of them and just wait for the result, first day past without any reply email from them, next day I got some email and said they want to teach me English, I reply it all, by the times, only one person who still keep in touch with me, his name Neil (41 years) from England. He send me email everyday and I think it’s good for me to practice my writing and English language. We become friend and talked each other story. He told me, he just broken off from his girlfriend, and its surprise me because his girlfriend from Indonesia, then as a good friend I just can advice him and to be patient. If that girl is good for him then God will let them meet again, this is what I was tell to him.

Cerita di Pesantren

Monday, 1 February 2016

Pesantren adalah lembaga pendidikan dimana santri/ murid tinggal/ mondok, mereka menuntut ilmu agama dan memperdalam kajian keislaman mereka disamping itu juga ada pendidikan formal seperti disekolah - sekolah lainnya. Banyak lika liku sejarah disana yang selalu menjadi kisah unik dan lucu untuk dikenang sekaligus mendapat ilmu yang bermanfaat dan alumni pesantren rata - rata jago 2 bahasa asing. Memang saya sendiri tidak ada pengalaman mondok, dulu setelah tamat SMP sempat ditawarkan oleh bapak untuk menyambung ke pesantren tapi saya tidak mau karena saya lebih memilih sekolah umum waktu itu.

Aku benci kamu, Tikus !!!

Friday, 15 January 2016

Dirumah kalian ada tikus? merusak pemandangan dengan kehadirannya tidak? misalnya kita sedang ada tamu dan tiba - tiba dia lewat, suasana menjadi sunyi dan si tuan rumah melongo mulutnya, untung sang tikus nga salah masuk kesitu, suasana menjadi tidak enak, merasa jorok, campur aduk perasaaan, padahal tidak pernah mengundang tikus untuk bergabung, merusak mood saja (ini hiperbola aja ya, nga ada seh sebenarnya :) )

Sebenarnya dirumahku tidak hanya ditemani si tikus ini saja, ada gerombolan nyamuk, ada pasukan kecoak dan tentara cecak, tapi entah kenapa hanya si tikus ini yang paling ku benci. Aku sadar kami sama - sama makhluk Tuhan dan mungkinpun tikus itu tidak pernah salah sama ku tapi tetap saja benci sama dia. Sebenarnya awalnya aku sedikit bersahabat dengan tikus ini karena dia masih sopan tidak menggangguku di kamar, kupikir biarlah dia berkeliaran saja diluar, toh akupun ada kawan tapi ternyata lama - lama dibiarkan si tikus jadi bandel semakin haripun semakin bertingkah, tiba - tiba tengah malam telah menyusuppp dari bawah pintu kedalam kamar, entah apa yang dicari, makanan? aku paling malas beli makanan atau simpan makanan di kamar, kan ada kulkas, aku juga bingung kenapa dan apa yang dicari sama si tikus itu, atau jangan - jangan kameraku yang hilang itu di ambil sama tikus? mungkinkan itu jelmaan maling?? no way.

Semakin hari sikawan semakin meraja lela keluar masuk kamar seperti kamar sendiri, aku berusaha memasang kertas di bawah pintu untuk menghalangi dia masuk tapi tidak bertahan lama, tetap aja ada akalnya dan celah untuk masuk, hampir putus asa dibuatnya. Aku harus cari cara, tidak boleh dibiarkah !!!!!!!!! di pasar kutemukan semacam kapur barus yang di labelnya ditulis sangat ampuh membasmi tikus, nga tanggung - tanggung langsung kubeli tiga pack dan kusebarkan didalam kamar dan aku sudah hilang stres karena lihat si tikus itu, tapi tidak lama si tikus masuk lagi tapi kubiarkan saja karena baru karena aku yakin besoknya pasti dia nga masuk lagi tapi ternyata besok dan besoknya lagi tikuspun masih berkeliaran bebas keluar masuk dan obat itu tidak bekerja dengan baik tidak seperti yang dituliskan dikotaknya. Tikus semakin bebas aja seperti kami sharing budget membayar biaya kamar ini. seperti 24 jam kepikiran terus sama si tikus ini, harus ada solusi !!!!! tidak bisa kubiarkan ini.

Suatu hari aku pernah lihat lem tikus di jual dipasar, mungkin aku harus mencoba cara ini sebelum aku pasrah membiarkannya berkeliaran keluar masuk. aku membeli lem tikus itu, sesampai dirumah aku langsung mengoles lem tersebut di kertas karton dan kuharapkan tikus itu lengket, aku pernah membaca artikel bahwa tikus akan selalu melewati tempat yang sama setiap saatnya.

Dengan perasaan aman, tentram dan damai aku tidur, aku sudah pasrah, inilah cara terakhir yang mungkin kulakukan selebihnya kalau tidak berhasil aku sudah pasrah. tengah malam aku terbangun karena ada suara suara aneh ditelingaku dan mataku langsung tertuju ke karton yang ada lem tikusnya, tidak salah lagi, terlihat tumpukan kecil ditengah - tengahnya, horeeeee itu pasti tikus yang mencoba melepaskan diri tapi lem itu terlalu kuat. Aku terpana dan takjub, Tuhan mendengar doa hambanya yang tersiksa, usaha terakhirku berhasil, tikus sudah tertangkap basah.

Aku semangat sekali sampai tidak bisa melanjutkan tidurku, ngantukku sudah hilang dan fokus menatap tikus yang sedang menderita, akhirnya kuputuskan untuk menuliskan kisah ku dengan mu sang tikus, aku memang benci sama kamu tapi aku juga kasihan setelah kamu terperangkap, aku iba, azan subuh sudah memanggilku dan aku harus pergi shalat. Maaf karena kita tidak bisa bersahabat lagi dan gara - gara aku kamu tidak bisa melihat indahnya matahari pagi lagi, selamat berpisah dan semoga kamu tenang dialammu, maafkanlah aku.

Galau, 15 Januari 2016

Jaga Ucapan

Thursday, 7 January 2016

Mulutmu harimaumu, ini adalah pepatah lama yang sangat bermanfaat untuk kita renungkan bersama dan itu benar adanya. Dimanapun hukum karma selalu berlaku, apa yang kita tabur itulah yang akan kita petik, itu berlaku juga untuk ucapan kita makanya bijaksanalah dalam berucap kata dan jangan terpedaya dengan gosip.
Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS