10 Pertanyaan yang Dikepoin Orang Aceh Kepada Bule

Friday, 22 July 2016

Orang Aceh sejak dulu terkenal dengan keramahtamahannya, ini sesuai dengan slogan "peumulia jamee adat geutanyo" memuliakan tamu adalah adat istiadat kita. Apalagi tamu yang datang itu berbeda dengan kita orang Aceh, sebut saja misalnya orang yang datang dari Amerika atau Negara lainnya, bukan karena orang Aceh yang kepo atau iseng tapi memang seperti itulah yang sudah menjadi kebiasaan di Aceh.
Orang luar negeri terkenal dengan panggilan bule di Indonesia, siapapun dia baik laki - laki maupun perempuan bahkan kadang - kadang untuk perempuanpun dipanggil mister, mister .... mister how are you.... pernah sekali waktu beberapa anak muda bersepeda kesuatu kampung dan pake kaca mata hitam, lalu banyak anak - anak yang berteriak ada mister.. ada mister, ada bule. Sepertinya sepeda dan kacamata hitam itu identik dengan bule (ini di Aceh ya) mungkin karena bule yang datang ke Aceh itu tidak sebanyak yang datang ke Bali.
Kesempatan bekerja di beberapa organisasi social international pasca tsunami membuat saya berinteraksi dengan beberapa pekerja yang berasal dari luar negeri atau membawa konsultan untuk melakukan kegiatan di beberapa kabupaten/ kota di Aceh bahkan ada beberapa orang teman yang menginap di rumah saya di Aceh Utara. Dan yang menjadi menarik adalah dari beberapa kabupaten/ kota yang saya kunjungi saya memperhatikan ada beberapa pertanyaan yang ditanyakan kepada bule itu hampir sama semuanya, baik pada saat kunjungan ke Aceh Tengah, Aceh Barat, Banda Aceh, Aceh Utara dan kabupaten lainnya.
Reaksi mereka berbagai macam ragam, ada yang senang, ada yang cuek bahkan yang paling lucu itu ada seorang bule yang bilang " I am not a monkey and why this people want to talk and look at me". Ada banyak hal yang saya jelaskan, yang intinya adalah orang Aceh itu sangat memuliakan tamu dan suka bertanya dan itu memang bukan hal yang aneh disini dan akhirnya mereka mengerti dan berbaur dengan masyarakat.
Beberapa pertanyaan yang masih saya ingat dan ditanyakan berulang kali oleh orang yang berbeda dan kebanyakan pertanyaan itu bersifat personal adalah:
Asal negaranya dari mana?
ini adalah pertanyaan yang pertama kali ditanyakan, dimanapun dan kapanpun, bahkan pada saat berhenti beli nasi gorengpun yang jualan nasi ingin tau juga, pasti dia Tanya "pane awaknya" orang mana dia. dan biasanya sih mereka tidak pernah keberatan untuk  menjawabnya.
Berapa usiannya?
Pertanyaan ini mungkin sudah biasa dilingkungan kita, usia bukanlah hal yang menjadi rahasia, tapi bagi sebagian orang luar kalau ada orang yang belum dikenal atau baru dikenal untuk menanyakan usia bukanlah hal yang sopan karena ini menyangkut dengan hal personal, tapi untuk sebagian bule yang sudah sering traveling akan lebih easy going ketika muncul berbagai macam pertanyaan seperti ini.

Status?
Pertanyaan selanjutnya yang tidak lebih keren adalah tentang status, bisa dipastikan pertanyaannya adalah sudah kawin? kalau dijawab belum kebanyakan ada pertanyaan selanjutkan yang dikepoin " mau nga sama orang Aceh aja?" Dengan pertanyaan seperti ini ada yang masih nyaman aja dan ada yang sudah kesal juga, dikira tersangka apa hehe, sebagian memjawab"iya orang Aceh cantik tapi saya belum mau menikah" Bagi orang kita mungkin ini adalah pertanyaan yang sangat wajar karena pengalaman saya sendiri selalu ditanyaan kapan kawin, padahal apa sih urusannya sama orang lain dengan status kita.....#kesal #gagal focus. out of topic hahahahaha.

Agamanya apa?
Agamanya apa Sir? lalu bulenya diam (mungkin dia mikir, kok ini orang usil banget ya). ada macam-macam jawaban dan reaksi dari penanya, agama saya traveling, nah loooo bingungkan hahaha, iya secara bulenya suka jalan. Ada juga yang menjawab saya Kristen, terus orang yang bertanya melirik ke saya sambil ngomong "kenapa nga dimasukin ke Islam aja (apa urusanku ya) terus..... kalau ada yang jawab I am a Muslim, langsung yang bertanya menjadi semangat 45 " wow...............Islam? keren ya !!!!" Tanpa ditanya sayapun menambahkan iya dia shalat jumat kemarin itu" orang yang tanya jadi malu - malu bebek karena dia jarang salat dan salut ama tuh bule. padahal ku tau banget tuh bule masih belajar Islam (baru muslim 2 minggu gitu) dan shalat masih bolong - bolong juga :D
Bagaimana menurut kamu tentang perempuan Aceh?
Orang Aceh cantik - cantik dan ganteng ( padahal inikan jawabab umum dari semua orang hahaha) tapi tetap aja muka "meujampok" tersipu malu - malu #bukansaya #kabuuuur. Terus kalau sudah dijawab gitu ada juga yang tanya lagi"kenapa nga menikah dengan orang Aceh aja" #pusing palaaaa

Suka dengan makanan Aceh?
Kalau yang tipenya suka makan apa saja semua masakan Aceh katanya enak, tapi tetap aja durian nga ada yang mau sentuh, kalau yang suka vegetarian, susah kali kita cari tempat karena orang Aceh tu suka makan yang ada ikan - ikannya gitu. Ada yang suka kopi dan cuma suka teh susu.

Suka Kopi?
Aceh sekarang sangat nge booming tentang kopi sehingga pertanyaan ini pasti akan ditanyakan oleh orang Aceh, suka kopi? dan bla...bla.... blaa lanjooot ke warung kopi same tengah malam.

Sudah Mandi?
Pertanyaan  ini sangat aneh menurutku, tapi aku pernah dengar seseorang pernah tanya pertanyaan ini kepada bule. Ini mungkin terlalu perseonal bagi mereka karena aku bisa melihat perubahan mimik muka dari dia. Memang rasa ingin tau orang kita besar sekali sampai - sampai orangpun bingung untuk menjawab apa.

Boleh foto selfie?
Ini sudah seperti pertanyaan yang sangat wajib sekali ditanyakan, bahkan sebagian nga peduli si bule belum jawab sudah difoto aja hehehehe, ada bule yang dengan sangat senang hati untuk berfoto tapi ada juga yang risih dan dia bilang"I am not a mongkey!!" susah juga seh menjelaskan, tapi saya suka bule yang bisa beradaptasi dengan budaya Indonesia (selfie budaya Indo nga seeh?) dan dengan tidak keberatan untuk di foto, saya pikir itu wajarlah... sejauh ini saya melihat banyaklah yang tidak keberatan untuk difoto tapi kadang saya jadi korbanya juga ditarek untuk foto bersama #pasrah_jadi_guide_kadang_kadang
Pertanyaan terakhir adalah........................ this is to me not to bule (Kenapa dia nga diajak untuk masuk agama Islam)
Agak berat untuk menjawab ini karena kadang saya harus menjelaskan dan tidak menggurui atau penjelasan saya ini tidak menyinggung orang yang bertanya (orang Aceh Islamnya sangat kental gitu) ehmmmm Agama adalah sesuatu yang sangat personal bagi seseorang, itu adalah hubungannya dengan Allah swt langsung, kapan seseorang mendapatkan hidayah disitulah waktunya. Semua orang memiliki pilihan yang tepat masing - masing untuk agama yang diyakininya dan tidak ada pemaksaaan dalam memilih agama apapun, terlepas dari itu hubungan saya dengan bule ini adalah hubungan yang secara horizontal yaitu hubungan sosial, budaya dan prilaku yang baik tanpa mengkait - kaitkan agama tapi bila ada yang tertarik untuk bertanya maka dengan senang hati saya akan menjawabnya sebatas pengetahuan saya ( ada beberapa bule yang tertarik tentang Islam dan bertanya tentang Islam).

Terlepas dari semua pertanyaan - pertanyaan kepo ini, ternyata orang bule itu suka datang ke Aceh dengan berbagai macam alasan, baik karena liburan ataupun penelitian dan lain - lain, banyak yang berkesan dengan keramahan orang Acehkarena memang orang Aceh itu pada dasarnya sangat ramah dan memuliakan tamu.




Jadi selamat datang di Aceh dan silahkan menikmati pertanyaan – pertanyaan tersebut dan anggaplah itu bagian dari keramahtamahan orang Aceh.

2 comments:

  1. tapi yang pertanyaan yang paling menggangu kayaknya kapan kawin, bukan hanya untuk orang bule tapi untuk semua kayaknya. pasti gagal fokus deh kalo itu pertanyaan hehehe

    ReplyDelete
  2. kl di tanyain kapan kawin,blg aja...suruh org bule jwb "tggu km yg lamar..!!!"
    .hehehehehehe...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS