5 Pertanyaan Kepo Seputaran Orang Jomblo

Thursday, 29 October 2015

Menjadi jomblo sebenarnya sangat indah untuk dinikmati, kemana - mana bisa pergi tanpa ijin pasangan, masak kapan merasa lapar, berkawan dengan siapapun tidak ada yang larang, tapi walau bagaimanapun menjadi jomblo bukanlah pilihan karena sudah menjadi haknya itu makhluk berpasang pasangan, akan tetapi karena sesuatu atau karena belum berjumpa dengan jodohnya yang membuat seseorang itu menjadi jomblo. Peerjuangan sudah dilakukan tapi jodoh itu sendiri yang semakin dikejar semakin jauh, ujung - ujungnya pasrah aja, kadang ada teman yang berkelakar " umur dibawah 30 tahun jodoh ditangan Tuhan, tapi diatas umur 30 Tuhan sudah lepas tangan" nasib.....! nasib....!

A person no longer alive I would love to meet is

Tuesday, 27 October 2015

There is a lot of reason to meet someone no longer life, its because missing, loving and want to feel them love. That is sad to have someone we love and we cannot meet them again in this life but we have to face this and nothing to do except pray for them and visit their grave but is that someone grave far away from you and you cannot visit them? Of course will feel so sad. 

A person  no longer alive I would love to meet is my fiance, I feel so for him, He had suffered in his life, he told me all thing about his life and so sad, I really want to meet him, hug him and spend life to take care of him for his sickness, I need more time to make him happy.

But God love him more I do, God want him no more suffer and take him from me, I love him very much.

Rest in Peace !!!!!!!!!!!


6 Hal Yang Membuat kamu Mengenal Aceh

Monday, 12 October 2015

Aceh adalah salah satu provinsi yang berada di ujung barat Indonesia sehingga 0 Km meter Indonesia berada disana. Terlahir sebagai orang Aceh membuatku sangat mencintai daerahku, tentu saja dengan segala hal yang dimilikinya baik itu kelebihan dan kekurangannya. Tidak ada kata puas untuk terus mempromosikan wilayahku ini. menulis tentang Aceh tidak ada habisnya, baik pesona alamnya, penduduknya juga tentang sejarah - sejarah yang sebagian mungkin masih menjadi misteri. berikut adalah 6 hal yang dikenal orang tentang Aceh:

1# Konflik
Sumber foto:  http://atjehliterature.blogspot.com
 Konflik berkepanjangan yang terjadi di Aceh antara Gerakan Aceh Merdeka dan TNI cukup menyisakan kesengsaraan pada saat itu, semua orang dalam ketakutan, terutama masyarakat yang bertempat tinggal dipelosok karena disana sering terjadi baku tembak, menemukan mayat dengan luka tembak setiap hari itu sudah menjadi hal biasa, orang hilang apalagi dan itu sudah bisa dipastikan beberapa hari kemudian kita akan bertemu dengan mayat mereka. Senjata cukup berkuasa dan suasana sangat mencekam, selalu ada jam malam. Masyarakat sudah terbiasa dengan desingan peluru dan suara tembakan dimalam hari. Tidak mengherankan banyak janda di Aceh, tidak jelas apa salah suaminya apakah betul - betul pemberontak atau salah sasaran tembak. tidak ada yang mengusut dan itu berlalu begitu saja hanya karena orang Aceh memiliki hati yang sangat pemurah. Alhamdulillah sekarang Aceh sudah aman.

2#Tsunami

Sumber foto: www.hidayatullah.com
Tsunami yang terjadi pada tanggal 26 Desember 2004 11 tahun yang lalu membawa perubahan besar bagi Aceh dan cukup membuat Aceh terkenal di mata dunia, musibah tsunami menyisakan lara tapi juga perubahan yang besar di Aceh, setelah 11 tahun sudah banyak perkembangan yang terjadi dan karena tsunami juga menjadi titik terang perdamaian Aceh dari konflik bersenjata yang selama ini terjadi. Semua orang Aceh bersatu padu dalam pembangunan dan perdamaian.

3#Syariat Islam
Sumber foto: www.republika.co.ic
 Ketika berkenalan dengan orang mengatakan dari Aceh, kebanyakan mereka akan bilang ohhh syariat Islam ya, harus pake jilbab ya kalau kesana, pernah lihat hukuman cambuk tidak?? Iya syariat islam identik sekali dengan Aceh, orang berfikir semua harus memakai jilbab kalau ke Aceh, berbuat salah langsung dihukum cambuk. Sebenarnya seperti ini ya, syariat Islam itu berlaku untuk yang beragama islam, tidak ada paksaan untuk non - muslim di Aceh untuk memakai jilbab, menutup aurat itu hanya untuk wanita yang merasa dirinya seorang muslim, kalau ada muslim yang tidak menutup aurat itu berpulang kembali kepada mereka, kalau memang ada peraturan menutup aurat, petugas pastinya harus lebih bijaksana dalam melaksanakan tugasnya melayani masyarakat, tidak semua orang memiliki ilmu yang sama, tapi sepatutnya kata - kata yang baik dan sopan itu dianjurkan dalam menegur. Hukuman cambuk itu adalah aturan yang sudah di tetapkan di Aceh, seseorang yang merasa tidak melanggar aturan tentunya tidak perlu takut akan dicambuk. 

4#Serambi Mekkah
Aceh Serambi Mekkah, banyak alasanya kenapa Aceh di kenal dengan Serambi Mekkah, salah satunya adalah Islam pertama kali masuk ke Indonesia melalui Aceh yaitu Peurelak dan Samudra Pasai, Islam berkembang cepat diseluruh Indonesia, para ulama sangat gigih dalam menyebarkan agama islam, semangat keislaman tersebut yang menyebabkan Aceh terkenal dengan Serambi Mekkah yang sekarang aura tersebut sudah mulai memudar, tidak diragukan lagi mungkin beberapa tahun kedepan orang akan lupa dengan gelar serambi mekkah tersebut #miris

5#Dayah
Dayah adalah salah satu tempat pendidikan agama yang sudah ada di Aceh sebelum adanya penjajah di Aceh, hampir disetiap peloson memiliki dayah yang dipimpin oleh seorang Abu/ Abon. Ulama dayah mejadi sosok yang terkenal dan panutan, ulama dayah mempunyai peranan penting dalam menghadapi penjajah, ulama mempunyai peran penting dalam mengobarkan semangat perjuangan di Aceh, sampai sekarang dayah sudah berkembang pesat, salah satunya adalah Dayah Mudi Mesra yang sudah mempunyai ribuan murid yang belajar, tidak hanya dari Aceh tapi juga dari negara tetangga yang menimba ilmu disana.

6#Pejuang Wanita Pemberani
Aceh tidak hanya terkenal gagah berani dalam melawan penjajah tetapi juga terkenal dengan perempuan pemberani yang membuat gentar penjajah, Sebut saja Cut Nyak Dhien yang begitu perkasa sehingga penjajahpun membutuhkan trik untuk menghadapi beliau,  semangat perjuangannya yang luar biasa itu sepatutnya harus dicontoh oleh perempuan masa kini sehingga akan selalu mengharumkan Aceh, selain Cuk Nyak Dhien, masih banyak lagi yang mengharumkan nama Aceh, sebut saja Cut Mutia, Pocut Baren, laksamana Malahayati, Safiatuddin Syah, Pocut Meurah Intan dll.


SAD

Wednesday, 7 October 2015

I don't know how to express my feeling now, I feel so sad, my dream blow up like a bomb, take a breath and hope there  is another opportunity for me to try. I love my mom so much that why I tried this but I am not lucky yet :(

Sad... that is a very simple word with three alphabet but can make me light and really want to fly, again I am failed and I really want to cry but NO, i have to fight for this, there is another option for me, move on dear Zatin.


HARI PANGAN SEDUNIA: Petani Pejuang Pangan dan Gizi Bangsaku “Artikel Lomba Hari Pangan Sedunia 2015 diselenggarakan PERGIZI PANGAN Indonesia”

Tuesday, 6 October 2015

Terlahir dan dibesarkan di desa yang 90 %  penduduknya bermata pencaharian petani membuatku mengerti betapa besar jasa mereka dalam pertembuhan perekonomian Bangsa Indonesia. Sebagai anak dari seorang kepala sekolah yang mempunyai 8 bersaudara pada waktu itu sekitar tahun 1990an membuat aku mengerti betapa orang tua bekerja keras dan  membuka lahan sawah serta ladang untuk memenuhi pangan dan gizi kami anak - anaknya.

Sebagian besar lahan diperkampungan kami adalah persawahan sehingga bisa dipastikan padi tersebut tidak hanya digunakan untuk pemenuhan pangan disana tapi juga dijual sehingga memenuhi produksi pangan daerah sekitarnya bahkan mungkin untuk Kabupaten Aceh Utara dimana aku tinggal. sehingga tidak salah apabila dikatakan bahwa petani pejuang pangan dan gizi bangsaku karena mereka sudah berjuang keras membanting tulang setiap hari agar pangan dan gizi terpenuhi untuk semua orang, apabila pangan dan gizi sudah terpenuhi dengan baik maka pendidikanpun akan semakin menjadi lebih baik, ketika pendidikan sudah bagus maka Indonesia akan menjadi negara yang maju serta bisa membantu negara lain yang memerlukan bantuan pangan. 

Bisa kita bayangkan apabila petani tidak ada, siapa yang akan menjamin pangan dan gizi masyarakat Indonesia? Tidak ada bukan!!! Indonesia akan mendatangkan pangan dari luar negeri yang belum tentu akan menjamin gizi yang baik untuk anak bangsa dan ini akan membuat pertumbahan yang tidak baik bagi Indonesia. Indonesia sebagai sebuah negara yang besar harus bisa memberdayakan petani agar memenuhi kebutuhan pangan dan gizi. Petani harus berikan pelatihan - pelatihan sehingga mereka bisa berinovasi dalam pengembangan pangan di Indonesia karena selama ini yang sering kita lihat petani masih menggunakan peralatan tradisional dan pengairan yang belum baik sehingga produksi panganpun hanya sekedarnya saja. 

Sektor pertanian adalah salah satu sektor yang paling menguntukan Indonesia apabila dikembangkan dengan baik dan benar, pemerintah harus betul - betul memperhatian petani karena petani mempunyai andil besar dalam memajukan Indonesia. Petani telah berjuang keras dalam pemenuhan pangan nasinal, petani hidup dan mati bangsaku, petani tulang punggung pangan dan gizi bangsaku karena dengan keras merekalah terpenuhi pangan dan gizi masyarakat Indonesia, tanpa kerja keras petani pasti kita sekarang ini harus membeli mahal pangan dari luar negari.

Melalui moment hari pangan sedunia ini kita perbaiki pertanian di Indonesia agar terpenuhi pangan dan gizi yang baik kepada generasi masa depan bangsa sehingga menciptakan kader yang berakhlak mulia dan Indonesia semakin sejahtera.





Hijab Hati Dulu Baru Pakaian

Friday, 4 September 2015

Saya sering sekali mendengar waktu diskusi dengan teman atau infotainment , seorang perempuan muslim yang belum berhijab mengatakan "hijabkan hati dulu baru pakaian". Awalnya saya berfikir ada benarnya juga, berprilaku yang baik yang utama karena berat sekali menata hati untuk menjadi baik. 

Kemudian saya tersadar dan kerfikir dengan jernih bukankah ibadah itu mempunyai pahalanya masing - masing, maksudnya begini: saya contohkna saja seperti ibadah puasa dan ibadah shalat, tentunya kedua ibadah ini mempunyai pahala yang berbeda, begitu juga dengan berhijab.

Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Ahzab :59 yang artinya:
Wahai Nabi, suruhlah istri - istrimu, anak aanak perempuanmu dan perempuan perempuan yang beriman, supaya melabuhkan pakaiannya bagi menutup seluruh tubuhnya (semasa mereka keluar) cara yang demikian lebih sesaui untuk mereka dikenal (sebagai perempuan baik baik) maka dengan itu mereka tidak diganggu. Dan (ingatlah) Allah adalah maha pengampun lagi maha mengasih.

Dari ayat tersebut jelas Allah menyerukan kepada Nabi untuk menyuruh orang perempuan memakai jilbab, tidak perlu harus menunggu hatinya baik dulu karena kita tidak pernah tahu kapan akan meninggal, ketika kita tau bahwa berpakaian yang menutup seluruh tubuh itu "harus" maka tidak perlu memikirkan hati yang masih belum sempurnna. Berhijablah karena dengan berhijab juga akan membantu menata hati menjadi lebih baik, kalau menunggu menata hati takutnya nanti hati belum tertata dengan baik, hijab belum dipakai tapi ajal sudah menjemput, maka rugilah kita.

Untuk saudariku, berhijablah karena itu adalah identitas kita sebagai seorang muslim, dengan berhijab InshAllah hati kita juga akan ikut berhijab, jadi tidak  ada istilah hijab hati dulu baru hijab pakaian, itu adalah pemikiran orang - orang yang memang tidak mau berhijab.

lakukanlah suatu kebaikan, jangan pernah menunda, kalau sudah ada keinginan untuk berhijab maka berhijablah jangan menunggu untuk sempurna karena kesempurnaan itu hanya milik Allah dan kitapu tidak pernah tahu kapan ajal menjemput kita.

Semoga bermanfaat untuk saudariku yang seiman :)

Why There is No peace on The Earth

Thursday, 3 September 2015

There is so many why in my though, specially about humanitarian and war all around the world, why this happening?? this is still why for me, what people fight about? why to kill people? why don't life in peace and harmony, why  and why???

How To Be A Happy Person

Monday, 31 August 2015

All people around the world want to be a happy person, no matter how small it it but happiness is important in life. Happiness can make person face life to be good but not all people can be happy because no body is perfect. So.. for this reason, here are some tips to make you happy in your life.

How To Dealing With Jealousy

Jealousy is one of human characteristic, everyone feel jealous, for simple example in daily life, when you see friend success then you will feel jealous, when your friend buy thing then you will fell jealous, some jealousy is good and some is bad, depend on how you manage it, like when you see your friend success then you also try to be like them in positive way, because jealousy is part of human characteristics, here are some tips for you how to dealing with your jealousy.

Pertanyaan Ala Indonesia !!!!

Monday, 24 August 2015

Indenesia terkenal dengan keberagaman, baik itu bahasa, agama dan budayanya. Indonesia juga memilik pulau yang terbentang luas dari ujung Sumatera sampai Papua, belum banyak orang Indonesia yang sanggup mengelilingi Indonesia walaupun dimana - mana ada keindahan yang luar biasa. Tentu saja keistimewaan ini membuat siapa saja mencintai indonesia termasuk aku. Aku bangga terlahir sebagai orang Indonesia walaupun sampai saat baru 20 % dari Indonesia yang sudah kusinggahi tapi aku tahu Indonesia tiada duanya. 

Karena Indonesia itu luas dan besar, tentu saja akan membuat siapa saja bisa terpisah karena mendapat pekerjaan baru, menikah ataupun pindah tempat tinggal, hal paling bahagia adalah bertemu kembali setelah berpisah selama sekian tahun dan itu adalah moment paling seru dan bahagia, betapa tidak !!!!!!!!!!!! kita berjumpa teman - teman yang dulu mungkin satu sekolah ataupun satu kuliah.

Tapi..........tetap saja, Indonesia adalah Indonesia, dimanapun, mau di Sumatera, Jawa, kalimantan, dan sampai ke ujung Papua expresi dan ungkapan kegembiraan berjumpa dengan kawan tetap sama. Ini mungkin yang membedakan kita dengan orang luar ya, kalau kita orang Indonesia rasa keingintahuannya itu tinggi sekali, perubahan sedikitpun pasti diketahui, terutama perempuan ya, kadang terasa menyakitkan, lucu dan bisa jadi ada yang marah, tapi yach... this is my country Indonesia.

Nah... pertanyaan ala - ala Indonesia inilah yang sering ditanyakan oleh orang - orang ketika berjumpa pertama kali setelah sekian lama tidak bertemu:

Pertanyaan 1# Eh kamu udah putih ya sekarang, dulu hitam banget dekil lagi, pake pemutih apaan seeh? mau dong (padahal karena rajin bersih - bersih dan perawatan hehehe)

Pertanyaan 2# Udah gemuk ya sekarang, tuh pipi udah jadi bakpaw semua, diet dong, jangan banyak - banyak makan (padahal kita sudah nga pernah makan nasi dan cuma makan buah setiap hari)

Pertanyaan 3# Udah nikah? suami kerja dimana? anak berapa? terus kamu kerja dimana sekarang? (yang ditanya bengong nga tau mau jawab apa hahahaha)

Pertanyaan 4# Kok masih jomblo sih, ingat umur udah tua, nti nga ada lagi yang mau sama kamu (kalau diizinkan untuk bertanya pasti akan kutanya kamu kapan mati)

Dari 4 pertanyaan ala ala Indonesia ini menunjukkan bahwa orang Indonesia itu sangat perhatian dan ingin sekali membantu orang lain, dan dengan tidak sungkan mereka akan menawarkan bantuannya.  Benar nga sih?? Hah............

Ini adalah Indonesiaku dan aku bangga menjadi orang Indonesia #Merdeka!!!!!!!!!!!!!!!!!


Aceh dan Isu - Isu Kekinian

Thursday, 25 June 2015

Bukan Provinsi Aceh namanya kalau tidak pernah ada kabar - kabar panas yang membuat orang ciut dan seperti uji nyali kalau ke Aceh, banyak hal yang diperbincangkan bahkan menjadi  panas dan banyak orang yang terbakar, entah karena memang dia mengerti persoalan atau hanya ikut - ikut. Banyak yang terpancing amarah bahkan puasa ramadhan itu sendiri tidak bisa mengendalikan perkataan - perkataan pedas yang tidak mungkin saya tulis disini.

Entah kenapa, kabar yang beredar itu banyak yang dikait - kaitkan dengan agama, terutama agama Islam, entah siapa yang memulainya, mungkin dia tahu orang Aceh "sedikit" fanatik terhadap agama yang dianutnya walaupun kadang - kadang kita lihat perintah wajib dari Allah swt kurang dalam dikerjakan. Pernah dulu seseorang berdebat dengan saya tentang berita dosen yang membawa murid ke gereja, saya menjadi sasaran kemarahannya hanya karena saya share berita tersebut. Tentunya saya menyikapinya dengan kepala dingin dan sampailah pada topik apakah ibadah kamu sudah sempurna sehingga keluar kata - kata yang selayaknya tidak perlu di keluarkan oleh orang yang mengaku beragama Islam. Sampai akhirnya keluar pengakuan dari dia bahwa shalatnya masih bolong - bolong tapi dia panas mendengar berita mahasiswa ke gereja.

Harus diakui oleh siapapun Aceh memiliki keistimewaan dalam hal keislaman karenanya banyak ulama - ulama yang terkenal dengan ketinggian ilmunya, kemuliaan akhlaknya terlahir di Nanggroe Serambi Mekkah ini. Siapapun patut bangga dan layak bangga.

Kasus yang akhir - akhir ini sangat memanas di Aceh dan hangat di media sosial sungguh membuat hati ini memberontak tapi apalah daya penguasaan ilmu yang masih sangat kecil hanya bisa mengurut dada membaca komentar - komentar yang seyogyanya tidak perlu dikeluarkan oleh orang Aceh yang mengaku dirinya terlahir dari negeri para ulama ini. Ini sangat mengganggu pikiran saya, setiap membaca komentar tersebut rasa malu dan hanya bisa berdoa semoga Allah membuka juga rasa malu kepada mereka yang mulutnya itu sangat tajam setajam silet.

Mungkin karena sekarang semua orang bisa mengemukakan pendapatnya sehingga mereka bebas berkomentar dan tanpa sadar sebenarnya komentar itulah yang menghancurkan martabat kita. Isu - isu tersebut saya coba rangkum disini dan semestinya itu menjadi renungan buat kita, sebenarnya apa yang salah dan terlanjur kita buat sehingga rasa saling menghargai dan menghormati sudah berkurang.

Kasus Shalat Jumat di Mesjid Raya Baiturrahman
Mesjid Raya Baiturrahman merupakan mesjid kebanggaan rakyat Aceh, tapi akhir - akhir ini telah terjadi konflik yang entah siapa yang memulainya, yang jelas hal yang tidak diinginkan telah terjadi padahal itu adalah sesama orang yang beragama islam itu sendiri, tidak ada campur agama lain, Wahabi dan Salafi ( silakan teman - teman mencari sendiri, karena saya tidak ada wewenang untuk ini)

Perempuan Tidak Boleh Keluar Malam
Sebenarnya kalau meihat hakekat dari larangan ini adalah benar adanya karena malam adalah waktu yang tepat untuk berkumpul semua keluarga, tapi tidak ada salahnya juga perempuan keluar malam kalau ada keperluan yang mendadak, namun sungguh disayangkan karena larangan ini banyak membuat orang di media sosial menjadi panas dan memberikan komentar yang luar biasa.

Qanun Syariat Islam
Kalau kita sudah mengamalkan ajaran Islam dengan sempurna tentunya tidak perlu takut dengan qanun tersebut tapi kalau pembuatan qanun tersebut hanya menghabiskan uang rakyat saja dan tidak ada satu keputusan yang jelas maka harusnya kita di Aceh ini memiliki ulama - ulama yang mempunyai keilmuan tentang Islam, maka biarlah itu menjadi tugas mereka dalam membuat qanun tersebut dan kita sebagai Islam yang taat ya wajib menjalankan, Nah apabila sekarang yang membuat qanun itu ada orang - orang yang belum mempunyai kapasitas dalam hal itu ya jangan harap semua orang akan patuh.

Ngangkang Style
Saya tidak mengikuti berita ini tapi ini sempat memanas di Lhok Seumawe tidak boleh duduk ngangkang laki - laki dan perempuan di kendaraan bermotor.

Hapuskan Tradisi Meugang
Ini adalah salah satu tulisan anak Aceh karena kekhawatirannya terhadap tradisi meugang, tidak ada yang salah dengan tradsii meugang dan tradisi ini adalah tradisi turun temurun dari masyarakat Aceh, memasak daging dan makan bersama keluarga dan diberikan kepada orang yang membutuhkan, kenapa adek tersebut menginginkan tradisi ini dihapus? mungkin ada hal yang telah dibuat orang orang sehingga tradisi ini menjadi kelihatan tidak bagus, ada kesenjangan sosial dan sebagainya. Tapi apapun itu kita hendaknya sebagai masyarakat Aceh yang terkenal dengan adab dan sopan santun yang mulia tentu saja tidak perlu emosi dalam menyikapi, tidak perlu keluar kata - kata yang mungkin kita sendiri tidak sanggup mendengarnya, secara organ vital manusia dan seisi kebun binatang keluar dari mulut orang kita.

Apapun itu yang telah terjadi di Aceh hendaknya menjadi pelajaran buat kita bahwa kita tidak perlu emosi dalam bertindak, ada bahasa bahasa yang lebih sopan untuk menegur dan kita hendaknya selalu menjaga perkataan. Hendaknya ramadhan tahun ini menjadi ramadhan paling sempurna dari sebelumnya dan membuat kita lebih taat dan taqwa kepada Allah Swt.

Keluarga Kami dan Tradisi Meugang

Monday, 15 June 2015

Bulan Ramadhan tinggal hitungan hari, hari kamis tanggal 18 Juni 2015 adalah hari pertama berpuasa, dan sudah menjadi tradisi di masyarakat Aceh sebelum menyambut bulan suci ramadhan ada hari meungang, dimana semua keluarga di Aceh menikmati daging, tidak peduli tua muda, kaya ataupun miskin, sudah menjadi tradisi daging harus ada pada hari tersebut walaupun kadang harus ngutang sam tetangga, ini lah tradisi turun temurun di Aceh dari saya kecil sampai sekarang. Pada hari meugang semua keluarga berkumpul untuk menikmati makanan bersama sebelum memulia berpuasa.

Menurut  Wikipedia meugang adalah tradisi memasak daging dan menikmatinya bersama keluarga, kerabat dan yatim piatu oleh masyarakat Aceh, Meugang adalah tradisi menyembelih kurban berupa kambing atau sapi dan dilaksanakan setahun 3 kali, yaitu Ramadhan, Idul Adha, Idul Fitri, tradisi di gampong biasanya berlangsung satu hari sebelum sedangkan di kota berlangsung dua hari sebelum, biasanya masyarakat memasak daging dirumah dan membawanya ke mesjid untuk dinikmati bersama - sama.

Seperti halnya warga Aceh yang lain, keluarga kami juga masih mempunyai tradisi yang kental tentang hari meugang ini. Dulu pada saat masih kecil, terlihat kesedihan di wajah orang tua ketika kakak dan abang tidak bisa pulang kampung di hari meugang karena ada kesibukan. Hari meugang adalah hari yang kami tunggu - tunggu karena menikmati daging secara special hanya 3 tahun sekali dan sungguh menyedihkan apabila tidak bisa menikmati bersama - sama.

Masih teringat jelas, waktu itu sekitar tahun 1990 - 1995, pada waktu saya masih kecil, hari meugang adalah hari yang kami tunggu - tunggu dimana Abi pada malam hari meugang sudah membeli daging, kebiasaan di kampung kami masyarakat mengumpulkan uang untuk membeli lembu dan setelah itu dagingnya di bagi bersama, pada saat Abi masih mencari kambing kami yang perempuan menyiapkan bumbu di rumah, kami bersama - sama menggiling bumbu dengan batu karena pada waktu itu kami belum mengenal blender, listrik saja hanya menggunakan listrik kampung yang dihidupkan saat magrib sampai tengah malam, memasak saja masih menggunakan kayu bakar.

Giliran menggiling cabe dan bawang semua tidak mau, terakhir ummi juga anak mudanya, setelah semua bumbu siap dan Abi pulang tengah malam membawa daging sapi, ummi dibantu dengan kami membersihkan daging dan Abi tetap berada disitu sambil bercerita. Daging yang sudah bersih dipisah - pisahkan oleh ummi untuk dimasak berbagai macam rasa, ada sop, kuah mirah, kuah masak putih dan tentu saja rendang dan sebagian di goreng, tentu saja tidak ada daging yang tersisa karena kami tidak ada kulkas untuk menyimpan daging tersebut. Yang pertama dimasak adalah sup karena sudah pasti Abi kami menunggu dan kami juga. sup siap dihidangkan dan kami bersantap tengah malam mendekati pagi. 

Tradisi meugang ini adalah salah satu tradisi yang bisa menyatukan keluarga dan mengikat tali silaturrahmi dan tradisi ini patut dipertahankan di Aceh


Mau Gaul....? Belanja di Elevenia Gratis Voucher 1 Juta

Walaupun hampir setiap hari berhubungan dengan internet tapi mengenal Elevenia baru awal tahun 2015 itupun setelah melihat acara tv yang menghadirkan Cinta Laura sebagai bintang tamu, pada saat itu Cinta Laura mempromosikan pakaian yang digunakannya itu di beli melalui elevenia, pada saat memdengar pertama kali saya masih cuek tetapi kemudian saya menjadi tertarik, untung acara tv yang saya nonton itu saya download sehingga bisa saya putar kembali, karena pada saat itu paket internet saya habis maka segera saya catat alamat web nya http://www.elevenia.co.id.

Belanja online akhir - akhirnya memang telan menjadi tren baru di tempat saya di Banda Aceh, mungkin di tempat lain sudah biasa dengan sistem belanja online, saya melihat banyak teman - teman yang belanja melau online dan alasannya cukup masuk akal, yaitu tidak membuang buang waktu ke pasar tapi cukup cari di internet. Elevenia adalah salah satu situs online yang menawarkan diskon yang sangat menggiurkan.

Keesokan harinya ketika saya dikantor pada jam istirahat segera saya buka website elevenia dan saya merasa senang sekali ternyata di Elevenia menjual berbagai macam hal, tidak hanya pakaian  tapi juga http://www.elevenia.co.id/ctg-mobile-phone, makanan dan lain - lain. Tidak ingin menikmati sendiri segera saya promosikan kepada kawan saya dan ternyata kebetulan sekali dia sedang mencari hanphone dan langsung saja dia belanja elevenia

Juni adalah bulan yang baik bagi kaum muslimin karena memasuki bulan puasa dan 17 Juni 2015 adalah hari raya idul fitri, di hari yang fitrah ini semua kaum muslimin bergembira merayakan kemenangan untuk itu elevenia menawarkan berbagai macam busana muslim dan mukenah dengan discount sampai 50 % contohnya jilbab syari sehingga tampil cantik dihari yang fitri http://www.elevenia.co.id/prd-hijab-syar-i-khimar . Untuk kamu wanita yang casual, banyak pilihan busana yang menjadi alternatif pilihan, tidak hanya murah dan diskon tapi yang lebih menarik lagi adalah belanja di elevenia gratis voucher 1 juta. Tunggu apalagi segera berburu pakaian untuk berhari raya di  http://www.elevenia.co.id/ctg-pakaian-wanita


Jangan lewatkan moment bagus ini dan selamat menikmati berbelanja dengan elevenia.

Air Terjun Blang Kolam Aceh Utara

Monday, 8 June 2015

Air terjun Blang kolam adalah salah satu air terjun yang ada di Aceh Utara, walaupun saya orang Aceh Utara tapi seumur hidup saya sampai  saat ini baru sekali saya menyempatkan diri untuk berkunjung kesana, ini seperti liburan keluarga. Jarak tempuh air dari rumah saya ke lokasi air terjun sekitar lebih kurang 5 km, dekat bukan????? waktu itu tahun 2011 saya dan keluarga beserta satu orang teman dari Amerika ( promosi lokasi wisata ke orang asing) yang sedang kunjungan kerumah pergi ke lokasi air terjun. cukup hanya menyewa mobil terbuka bak belakang, dengan 25 orang penumpang dewasa dan anak - anak menujulah kami ke air terjun.
Air Terjun Blang Kolam
Rencana ini adalah rencana dadakan, kamipun segera memasak makanan untuk bekal makan siang di lokasi air terjun. Nasi putih dan sop kepiting menjadi menu utama disamping menu - menu lainnya. Akhir nya setelah terayun - ayun dimobil (maklum jalan masih kurang bagus) sampailah kami di lokasi. ternyata perjuangan belum selesai.....kami harus menuruni tangga sebanyak 660 tangga. Apa..................... ternyata untuk mencapai sesuatu yang berharga harus menempuh cobaaan, tapi mungkin bagi kami anak muda sudah biasa, bagai mana dengan bunda kami???? karena semangat mau melihat air terjun yang katanya sangat bagus, turunlah kami kebawah sambil membantu bunda yang tidak bisa turun cepat dan sekali kali harus berhenti karena banyaknya anak tangga dan ada sebagian yang sudah rusak dan licin ( tidak tahu bagaimana kondisi sekarang ini) akhirnya sampailah kami kebawah...Subhanallah.............rasa cape segera terbayar dengan indahnya air terjun dan dinginya air yang mengalir. Semua bergembira dan langsung menikmati serunya makan siang di alam terbuka yang begitu indah mempersona. para keponakan langsung mandi dan yang lainpun menunaikan shalat Dzuhur. Sungguh pemandangan yang sangat luat bisa. Air yang jatuh dari ketinggian 75 meter sangatlah indah dan asri karena di kelilingi oleh pemandangan hutan yang masih asri.
Tangga turun ke air terjun
 Ada beberapa tips yang perlu saya bagikan disini agar teman teman yang mau kesana bisa melakukan persiapan yang matang:
1. Berhati - hatilah karena tangga menuju air terjun sebagian sudah licin, maklum umurnya udah puluhan, kalau tidak salah dibuat pada tahun 70 han, kebayangkan berapa usianya sekarang.
2. Bawalah makanan, karena setelah menuruni 660 tangga pasti akan cape dan lapar, orang hanya berjualan di atas sekaligus bisa berhemat dan tentunya makan sambil melihat air terjun itu lebih nikmat.

3. Bawalah barang seperlunya jangan sampai terbeban waktu turun tangga, teliti dulu barang sebelum turun, jangan sampai tinggal di mobil dan harus naik lagi ke atas...bahaya boss.
4. yang terakhir......jangan lupa bawa kamera (kalau yang ini wajib, sebagai bukti hehehe).

Bersama Sarah dari Amerika
Bagi anda pendatang, berikut saya bagikan informasi akses ke lokasi ya:
Berjarak tempuh sekitar 21 km dari Lhokseumawe, Bisa menggunakan mobil, motor, ataupun angkutan umum lainnya. Untuk mencapai lokasi Blang Kolam sebenarnya tidak terlalu sulit, cukup banyak jalur yang bisa ditempuh ( hati - hati ada sebagian jalan tidak bagus) bisa melalui Cunda, Kandang, Muara Batu atau Krueng Geukuh, kondisi jalan cukup licin terutama dimusim hujan  (ini salah satu faktor penghambat menuju lokasi wisata- bagaimana ini pak bupati- heheh) petunjuk jalan juga cukup jelas sehingga memungkinkan tak harus banyak bertanya kepada penduduk setempat ( secara sepanjang jalan hanya kebun sawit heheheh). Bagi yang menggunakan kedaraan umum dapat menggunakan labi - labi yang sering mangkal di Jalan Pase atau di Simpang 4 Krueng Geukuh, alternatif lain menggunakan becak atau kalau rombongan bisa menyewa mobil, lebih murah. harga bisa berubah rubah tergantung penawaran, mungkin antara 15000 - 30000/ orang sekali jalan.

Selamat mencoba, dijamin pasti ingin kebali lagi kesana :)

Menikmati bekal yang dibawa turun tentunya terasa nikmat dan tidak akan pernah kenyang, pingin lagi dan lagi hehehe



My Three Wishes for this year

Friday, 17 April 2015

My wishes is my destiny, cos God always hear what we pray, this year I don't make many wishes as my age, I just have 3 wishes for this year and I really hope I can get all of this.

My first wish is to marry
My first wish is to marry last year was a bad year for me for this one, I lost my fiance, he died cos of ill, we had plan for our future to marry to have 2 children and to open a small restaurant, He is a chef and we plan to work together, he died and i was so sad, but I have to live my life, I believe in God because God know  everything, God love me then other do. I love my fiance so much, and Neil is always in my hearth till now but life must go on I have plan to marry this year, this is my first wish and I know God hear this wish and I will do my best!
My second wish is work with UN (united nation)

Working with United Nation is another wish in this year, I know this is very hard for me to make it real but this is not hard for God so i make pray all day and try to find job with UN, even some friend said working with UN is not good, people there not nice but this is my dream and i have to reach this.
My third wish is continue my study
Continue study is my desire but sometime money become a problem, I know God will help me for this, everything is in good time, so I will always try my best for this, there will be a lot of opportunities to people  who want to try, because God will not change you if you not try it by urself.

So... this is my 3 wishes and hope everyone can pray for me please... specially my MOM, you are my saint woman and I know you always pray to GOD for me, LOVE YOU AS ALWAYS AND LOVE EVERYONE

What foreigners "bule" though about Aceh

Wednesday, 15 April 2015


Join couch surfing  make me meet foreigners all around the world and that make me know about other country and culture from that people or culture from the country they visited before came to my city. I am living in Banda Aceh Indonesia, a famous city with Islamic law and that make foreign people afraid to visit Aceh (this is the fact what they thought about Aceh before they visit here), Of course this is not good for Aceh itself because the reality is not like that, what I can say Aceh is a peaceful  city with friendly people who life there. 

As a couch surfing member I have been hosted some foreigners and they look so happy here in Banda Aceh and they want to stay for longer. Sometimes media write about  bad issue not reality but well, here is what foreign people thought about Aceh before they visit here and after stayed in Aceh.

What foreigners thought about Aceh before they visit here:
Aceh is an Islamic strict city who not care about woman, all woman force to wear hijab, man like to bother woman, syariah police will cought woman and man who not obey the role and will whip all who against"  this all issue make them afraid to visit Aceh and most of them asked me this question when they requested to stay at my house

My only answer for this all is " The good way to know everything is not just listen but prove it and you are welcome to Aceh" I dont want to say Aceh is nice place or friendly people but what I want is came and see by yourself.


Of course it make them worried at the first but some who brave came to visit to Banda Aceh and they face by their own experience and I really appreciate this kind people, not just listen but brave to experience.

So....after they visited Aceh, what they think or listen is   different, here is what foreigners people thought about Aceh after visited:

Aceh is peaceful place to visit, very nice view, beautiful beach, friendly people, they respect non-muslim and not force them to wear hijab and just to wear police, even they asked to wear hijab when go to big mosque and this is to respect muslim belief, people like to smile and treat well, Aceh a nice place to visit and wish to visit Aceh again in future"

See........ we can prove to other people from all around the world, Aceh is a good place to visit, just prove tham that what they think about Aceh is wrong, the real is Aceh always welcome to all people and respect each other can make everything in good situation.

 The moral from this story is
Show your good manner and other will respect to you, don't just listen but prove it, you will never know the real if you never prove it. 

SO welcome to my beautiful land and  enjoy your time #visitBandaAceh #visitIndonesia

with Malaysian and German

Enjoy our time together

Birthday Girl

Tuesday, 17 March 2015

Yeahhhhhhhh today is march 17, 2015 and today is my birthday, the old is getting old and I am happy for that, a lot of birthday wishes and all friend were nice, most of them make a very good wish me to get marry soon this year, yeah .. that is what I hope too I really want to marry and have someone who care to me and to share my life with forever in my longer age.

Life is so wonderful for me cos there is a good people around me who always love me, I have my loving family also love me, this is a very nice gift so far.
I LOVE YOU ALL MY LOVE

Hidup Itu Indah

Tuesday, 27 January 2015

Perasaan suka terhadap seseorang bisa datang kapan saja, dimana saja dan kepada siapa saja, tidak pernah memandang usia, bisa saja menyukai orang yang lebih muda atau bahkan suka sama orang yang usianya sangat jauh lebih tua, tidak peduli akan semua itu, jangan pernah menghalagi rasa suka itu, nikmati saja walaupun kadang harus bertepuk sebelah tangan.

Entah kenapa, faktor usia kadang selalu menjadi halangan, ingin rasaya selalu menjadi muda saja, stay 17 years tapi itupun tidak mungkin rasanya karena moment menikmati pergantian usia itu lebih indah.

Jangan pernah terbebani ketika menjalani hidup, walaupun belum menemukan pendamping, biarkan kehidupan itu mengalir seperti air akhirnya pun akan mencapai tujuan, begitupun dengan kita, jangan pernah tergesa - gesa karena akhirnyapun akan menemukan tujuan hidup.

Apapun yang terjadi kita harus siap menerima keadaan, apapun itu semua sudah ditakdirkan oleh Allah swt, yakinlah disana itu ada rencana yang terinda dari yang maha kuasa

Question start with "Why" and I Dont Like It

Monday, 26 January 2015

There is a lot of why here in Aceh culture, people always ask why for everything even for small children, sometimes they dont know each other very well but still why question keep asking to people, I dont know its a culture or because people care each other here.

I faced this also, some people asked me why, and this is really annoying me because there is a lot of why and they continue with other question, they really care to me. Here are some why question to me from people who care ha ha ha.

Why you dont marry yet
People like to complain me about this because I am not young anymore in their thought ( I still feel young forever hahah) Why I am still single, I really hate this question, I really want to say" this is not your business" but better I put smile on my face and not need to answer this question

Why you not be a teacher (cos i got degree from education)
Come on, teaching not only in formal school, a for apple, b for bottle. Open your mind people" a teacher mean someone do teaching and transfer knowledge to other, Of course in my job now I do that.

Why dont you try CPNS
CPNS is a test to be a civil servant, goverment will pay for salary, Hey people why dont you ask me other question like why dont you open a business.

Why you look different from your sibling
This question I got for several time, when I said I am daughter of my parent or a sister of my brother, the people like to ask me why you look so different, you are black then other.. ugh...DOnt ask me why okay, this is not me who make me look sweet like this.

Why you take so long for your degree
Of course I was graduate now, Its 2015 man, and some people still think I not finish my stusy, then I said I took 12 years for this but people still ask me why???????? ugh.. no one say congrats

Why you move to this private univ
This why question happened when I moved to another univ, some friend asked me why I should move from there cos there is better then here, then I explain for so long story from A - Z but still have why before they said oooo. again next day i got the same question for so many time, then one day i got idea so when people asked me I just said DO (drop out) with my very proud face hahahaha rasain looooo

I hate this why question because sometimes i dont know that people who asked me this but i need to be wise, so I should face this but I am tired :(

Question "why" and I LIke It

There is "why" question people ever asked me and I like this "why" because sometime "why " question really annoyed but for this why I really enjoyed. This why question is when people asking me about my age and I said I am ..... years old, most of people said "why you still look so young" ha ...ha...I like this very much and there is no reason to hate people and to hater this "why" question.

Keep young and happy Monday :)

Secret Admirer

I not sure myself about my feeling to someone there far from me, it came suddenly and there is something about him in my heart, it is flow like a water and I not realize it when exactly happened. He is very far from me and I know I cannot reach you but I cannot lie myself, there is already you in my heart.

You have a very pure heart, you everyone without asking any feed back to you, you ever told me "If you need friend to talk just talk to me" but  I am not that brave to talk to you without reason, someone said you are like a saint man and you have an angel heart then I said yes that is true.

Day by day my love for you keep strong but I never brave to tell that to you because I am not ready for rejected, I keep this feeling and only me and God now about this. Even I never brave to ask you about your condition, what I can do is I just see your picture and this is enough for me because I know very well I cannot reach you, you are to saint, good, religious, handsome, rich for me because I am only a modest girl.

I say thank to God because He let me to know you in my life, I thank to you because of the support you gave to me in my difficult life lately, I will always pray for you for every effort you ever made, wish to meet you one day and this is my special prayer :)

I am your secret admirer

Kerbau dan Nini Pelet

Sunday, 25 January 2015

Cerita masa Kecil Part 2

Tau kerbau khan? pasti semua pada tau, nah..... kalau Nini pelet tau nga???? nga semua orang tau, tapi kalau orang - orang jaman saya kecil pasti pada tau, Nini Pelet adalah serial drama misteri di radio, sudah lupa chanelnya apa, udah lama banget waktu saya kecil, sekitar tahun 1990an.

Apa hubungan kerbau dan Nini Pelet? sekilas memang tidak ada sih tapi ada hubungannya dengan masa kecil saya. Waktu itu Abi mempunyai beberapa kerbau, mungkin ada sekitaran 10 ekor dan menjadi tugas kami (saya, abang, adek) kita bertiga dikasih tugas sama Abi untuk membuat semacam api yang berguna untuk mengusir nyamuk dan membuat kerbau nyaman di kandang di malam hari. jadi kita membagi waktu untuk membuat api tersebut (kami membuatnya dari daun kelapa kering, pohon - pohon kecil yang kami potong, kami satukan dan kami bakar sehingga mengeluarkan asap untuk mengusir nyamuk)

Biasanya kami membuat itu di sore hari dan itu berbarengan dengan serial drama Nini pelet, kami memiliki satu radio yang dibeli oleh abang saya yang satu lagi, radionya berukuran besar, karena sudah ketagian dengan Nini pelet sehingga radiopun saya bawa ke kandang kerbau. Kandang kerbau kami dekat dengan hutan dan kuburan dan suara Nini Pelet sangat melengking waktu tertawa sehingga saya menjadi sedikit takut tapi karena tidak mau ketinggalan serialnya maka diatara takut dan tidak saya menyelesaikan pekerjaan saya.

Segera setelah selesai, saya mengambil radio dan lari kerumah. Anehnya ini berulang terus setiap hari, padahal kan bisa membuat api untuk kerbau sebelum drama dimulai tapi tidak pernah terpikir pada saat itu. oh Nini Pelet... Aku rindu tawamu yang melengking itu!!!!

Hobby dan Lampu Teplok

Cerita masa Kecil Part 1
Setiap orang mempunyai cerita masa kecil yang selalu akan dikenang, baik itu cerita senaang ataupun cerita sedih, begitu juga dengan aku, aku mempunyai banyak cerita masa kecil yang penuh dengan kecerian dan sangat sedikit cerita yang menyedihkan, walaupun ada tapi baiknya dilupakan.

Salah satunya adalah ketika aku masih sekolah di Madrasah Tsanawiyah, waktu itu di kampungku belum ada listrik negara atau dikenal dengan PLN, masa itu masih menggunakan listrik swadaya masyarakat yang pengunaannya da batasa waktu, listrik dihidupkan mulai pukul 19.00 s.d pukul 23.00 dan setelah itu dimatikan karena menghemat.

Salah satu hobbyku waktu itu adalah membaca, semua majalah yang dibelikan oleh Abi pasti kubaca, waktu itu Abi berlangganan Majalah Panji Masyarakat dan majalah Santunan ( senangnya punya orang tua yang rajin membaca :), proud of you my father). Tapi satu hal yang meyesalkan adalah kebiasaan jelekku yang suka tidak mengembalikan buku ketempatnya sehingga menjadi sasaran kemarahan orang tua, pernah waktu itu aku disuruh menjaga burung diladang kami, aku menjaga burung sambil membaca majalah, nah kebiasaan jeleknya adalah menyelipkan buku di atap rumbia kandang ayam kami, tanpa kusadari sudah ada beberapa majalah disitu dan suatu hari kedapatan sama Abi dan beliau sangat marah, sorry my lovely father for this.

Related to this hobby, karena listrik di kamupung kami dipadamkan jam 23.00 sehingga aku belum menghabiskan buku yang lagi kubaca dan itu sangat mengganggu dan tentunya penasaran harus dihabiskan sedangkan waktu sudah larut malam, kalau membaca dengan menggunakan lampu teplok pasti nga dikasih sama Abi dan Umi karena udah waktunya tidur, Lampu teplok itu sendiri adalah hasil buatan sendiri, kami buat dari botol bekas, kami bolongin tutup, taruk kain yang digulung dan minyak lampu.

Supaya Abi dan Umi tidak tau aku belum tidur dan melanjutkan membaca, diam diam aku ambil lampu teplok dan ku bawa ke bawah tempat tidur dan melanjutkan membaca, akhirnya setelah selesai membaca buku sampai habis akupun tertidur dengan nyenyak di bawah tempat tidur tersebut.

Keesokan harinya pada saat aku bangun, kulihat teman - temanku menertawain aku (waktu itu banyak anak - anak di kampungku yang mengaji di rumah sama abi dan mereka tidur dirumah) aku tanya kenapa? mereka bilang lihat aja sendiri ke cermin.

Karena penasaran aku bergegas ke cermin, dan...............................aku hampir tidak mengenal diriku lagi, mukaku hitam dan lubang hidungku berwarna gelam ha..ha..ha ternyata efek lampu teplok, asapnya yang hitam telam membuat muka dan lubang hidungku berwarna gelap.

Setelah saat itu setiap waktu tidur pasti Ummi akan memeriksa tempat - tempat tersembunyi untuk mengetahui apakah aku masih belum tidur karena keasikan membaca.

Sungguh pengalaman masak kecil yang indah

ABOUT ME: ZATIN ABDULLAH ICBRR OFFICER FROM ACEH BESAR

Zatin (me)
This Story written by Dewi Nursanti (CRC Media) 

Zatin looked quite busy when we met in Meunasah Kulam village, Aceh Besar on July 1st 2009. The Canadian Red Cross ICBRR officer Aceh Besar Field Office was conducting the training on First Aid for the members of Community Based Action Team (CBAT) in the village on that day, which was facilitated by PMI volunteers.  
Her hometown is Nisam village near Lhoksemauwe, North of Aceh, but she has been living in Banda Aceh since 1995, when she entered the high school. She was determined to be schooled away from her family because her older brother said that the provincial city has better quality of education than the ones in her hometown. In Banda Aceh she insisted to live on her own although she has many relatives here. Her reason was, “because I would like to be independent. I also love challenges and am keen to try something new.” In 1998 she entered IAIN Ar-Raniry, majoring in Teaching. At that time she had never heard of humanitarian organization, although sometimes she wanted to join the Indonesian Red Cross (PMI), but she was concentrating to finish her study in IAIN Ar - Raniry, Banda Aceh, majoring in Teaching. 
Tsunami in 2005 brought a difference to her life. That morning, just barely finishing her morning prayer she felt the big earthquake. Zatin and all the other girls who rented the house together got out of the house and ran to an open field. A biker shouted, telling them that the biggest supermarket in the city was brought down by the earthquake, and that the sea had arisen. She recalled, “We decided to find shelter in Darussalam mosque. We were terribly confused and scared as none of us had ever witnessed this kind of happening. From the minaret there we watched water flowed into the city, swept everything that stood in its way. Along with many others we stayed in the mosque. On the second day we went out and tried to give help. After walking quite far from the mosque, people shouted that the sea was rising again, and my friends and I climbed up the nearest trees, and waited for hours until we were sure that it was safe to go down.” 
One week after the disaster she returned to her hometown to assure the parents that she was saved. Not waiting for too long she got back to Banda Aceh to volunteer for the Nangroe Aceh Darussalam PMI. She was assigned to do the assessment of victims and distribution of aid. Sometimes she helped the evacuation team too. Zatin stayed one year as PMI volunteer, and was accepted to be a staff for their Emergency Response until 2007. She had her first training in ICBRR program for 10 days in Jakarta, 2005, and had to travel to other area like Simeulue Island to share the knowledge. She was even being sent to have a Search and Rescue training in Taiwan in 2006. “I stayed there for one month, and I was so happy. I think that was the best moment for me so far. The people there were very discipline. There was no traffic jam, and the streets were clean,” she smiled. 
In April 2007, she was accepted by the British Red Cross as Disaster Risk Reduction Officer until May 2008. With those experiences, in June 2008, Zatin applied to an open vacancy for Integrated Community Based Risk Reduction Program from the Canadian Red Cross. “I like working for the CRC. The colleagues and supervisors are supportive. People are open to new ideas and willing to hear from sub ordinates. I learnt a lot from every place I have ever been involved with. The time I was working for PMI, I learnt on how to strengthen myself, and it is very useful in dealing with the community,” she explained. Under the coordination that she made with PMI and the community, so far four villages in Aceh Besar sub – district of Meunasah Mon, Meunasah Kulam, Suleu, and Mireuk Lamreudeup have already had their risk Reduction Plan. Zatin said that the achievements are due to the involvement of CBAT members. She added, “Sometimes the community are slow to response to programs, and I felt challenged to change their behaviour. But if the slow pace was due to internal villages’ issue, I try to maintain a neutral attitude, and make the approach through CBAT members.” 
As a person who wanted to be independent since early teens, she regretted the lack of initiative that she often faced in the villages. Zatin remembered that Acehnese were more independent before tsunami and she realized that aid and donation are not enough to build a brighter future for any community in anywhere. She hoped that behavioural changes will happen in the community. “Transfer of knowledge will be very important to build a strong community and developmental effort. Take reading, for instance,” she said. “There are not many libraries in Banda Aceh, let alone in the villages. The school library used to be filled with old textbooks only, and I guess the number will be lesser now. Not many people are fond of reading, while it is a way to improve your knowledge and be creative as it is also enrich the imagination. How can a community be strong if they do not even have the means to broaden their mind?” she asked. Her interest in learning about new and positive things to build her capacity was one of her reason to continue her study, besides her dreams to travel around the world. She was very keen in learning about people and different culture. She smiled and said that, “I would be very happy if somehow I can get other chances to attend some more training in other parts of Indonesia, and/or overseas, as different areas have their own behavioral and geographical characteristics. I am sure that no one would want to experience any disaster, be it man made or natural occurrence. I only try to be realistic in saying that there were so many inevitable events happened caused by many factors that may bring loss to life, and that we have to be better prepared in facing it.”


Lewat Hujan Kukirim Rindu

Wednesday, 21 January 2015

Rinduku telah terbatas
Tapi rindu tidak pernah padam
Wajahmu masih utuh terbayang
Senyummu masih terngiang
Sehingga rinduku semakin mendalam

Hujan adalah isyarat alam
Lewat hujan kukabarkan rindu
Semoga sampai walau disana ada batas tipis yang memisahkan

Rinduku terlalu dalam menghunjam
Aku tidak bisa menahan rasa
Hanya hujan yang menjadi perantara
Semoga rindu sampai kepadanya
Walau ada batas dinatara kita
Tapi aku merasa
Ada senyum bahagia disana
Di syurga
#Neil

Dengan Mata Kuberbicara

Kuharap engkau mengerti
Arti dari tatapan mata ini
Karena lidahku sudah kaku
Tak sanggup aku berucap lagi

Hanya mata ini yang memberi isyarat
Entahlah engkau mengerti
Tapi mata ini tetap kelam dan memberi syarat

Mataku berbicara, kuharap engkau mengerti
Lidahku tidak bisa membantu
Rangkaian kata sudah hilang

Mengertilah arti tatap mata ini
Karena dari kelamnya bermakna cinta

Kehilangan

June 4, 2014
Betapa aku berat untuk kehilanganmu
Air mata tumpah tak terbendung
Betapa cinta ini telah mengakar
Tak kuasa terhadap takdir

Hilang satu sudut hatiku
Hilang kehidupanku
Maafkan aku yang tidak kuat
Maafkan atas air mata ini yang terus mengalir akan kehilanganmu

Kehilangmu mengisyaratkan kehilangan satu episode kehidupan
Sungguh pahit yang kurasakan
Aku masih bisa tersenyum.... itu pasti
Tapi senyum itu telah hampa
Karena kehilanganmu adalah kehilangan yang penuh dengan kesedihan

Malam dan Kerinduan

Aku terlena dan terbuai di siang hari
Aku terdesa dan seak akan rindu dimalam hari

Malam menghantar rindu yang telah terbatas
Besar dan semakin membesar tidak bisa tertahan

Aku tak ingin mengakhiri rindu ini
karena engkau begitu berharga

Malam menterjemahkan rindukun dengan sempurna
Malam mengakhiri rinduku dalam indahnya mimpi dengan mu

Rindu

Monday, 19 January 2015

Sayang kepergianmu meninggalkan luka besar yang menganga, memang luka itu telah kering tapi luka itu masih besar, tidak sanggup rasanya aku melewati beban yang begitu berat seperti ini. Semua ini adalah nyata dan bukan mimpi sehingga aku harus berjuang dengan semua kehilangan dan kepergian.

Hari ini sudah 7 bulan berlalu tanpamu tapi air mata ini masih belum kering, aku tidak tau kenapa orang - orang tidak pernah mengerti betapa sulit untuk menata kembali hati, mereka hanya tau laki -laki bukan satu, iya betul ada beribu laki - laki tapi apakah ada yang seperti dia, mungkin ada tapi belum kutemukan sampai sekarang.

Aku betul - betul merindukannya, rindu yang tidak tau bagaimana harus kuungkapkan, hanya aku sendiri yang mengerti perasaan ini.

Sekarang hanya foto dan videomu yang setia menemaniku, tapi temanku bilang, engkau disana bisa mendoakan ku, sayang .... kalau kamu juga rindu dan sayang sama aku tolong doakan agar ku disini bisa melanjutkan cita - cita kita berdua, doakan aku menemukan orang yang bisa sayang kepadaku seperti kamu sayang kepadaku, doakan untuk kebahagiaanku, doakan aku menjadi orang baik dan disayang oleh semua orang.

Sayang... rindu ini masih ada untukmu 
I Miss you alot

TGIF

Friday, 16 January 2015

TGF or Thank God Its Friday is familiar for me on 2008, that time I worked with British Red Cross here in Banda Aceh. I came from isolate village and this is new for me, I not understand what its for but I got fun with friend because on that day a lot of food and fun :) 

Maybe there is a meaning about this TGIF but I dont know what is, but for me myself this TGIF use to express the joy one feels in knowing that the work week has officially ended and that they have two days off with which to enjoy, to relax, and use to go home to meet my mom and other family, I can say this is a really good time for me.

Also in my religion, Friday is a holy day, however people came to the mosque and pray there. so....today is Friday and I thank GOD because I still alive for today and can smile to people, worship HIM. so better for me to say "ALHAMDULILLAH" its mean Thank God :)

16 January 2015

Welcome January 2015

Thursday, 15 January 2015

Well.... today is Januari 15, 2015, wow what a great number, 15 and 2015, is there any special today? let see, its still morning here lol. Hey January, I am so sorry because I just welcoming you today, not 15 days ago because you know I was so busy lately, a lot of job and report make me not welcome you, I not forget you but the timing is not mix so today is my time to welcome you.

Hey January 2015, I want to tell you little bit about my place, I am living in Banda Aceh - Indonesia, of course you know my place right, the place affected by tsunami 10 years ago, it was long but everybody remember about that that day. Also my place famous about Islamic Rule, aaahhhh stop thinking this is terrorist place, Aceh is a nice place for everyone, everyone is welcome here, we never make other religion scare to worship their god, no. We allow them because we respect each other here and never harm everybody.

January 2015, I will not say sorry because we don't have firework for welcoming you but this is our place and we have our own rule, there is not allowed to celebrate new year here, so what we do???? me and my fiend just met together in our friend house and had dinner. Just it but a lot of fun :) . I should respect of the regulation made by our mayor, its not easy for her but just help her for this

January 2015, this is my story for today, hope you will be kind to me because I just talk to you today, I will always here with you january and help me also to fight with my life here.

15 January 2015, what a perfect number :)

Struggle for life

Wednesday, 14 January 2015

Life is not as easy as you think.....!!!!!!!!!! when you see rich people it not mean its easy for them to get that all, also when you see poor people its not easy for them too to face this life. Both should struggle for their life, no want just sit and get what they want because life is to struggle.

Even for you day of hereafter, you should fight for that, you will get what  so you did, you want heaven you should act like you that, if you be in hell so you also act like that way, your life is about you not about other. Never use other to make your own look better.

Life your live and struggle for that because nobody can help you except your self . Keep fighting................................

Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS