Orientasi CTP untuk Relawan PMI

Monday, 6 March 2017

Relawan adalah kekuatan PMI dalam memberikan pelayanan di masyarakat, pelayanan yang baik tentunya harus didukung dengan relawan yang mempunyai kapasitas sehingga menjadikan PMI dicintai oleh masyarakat. Gempabumi yang  terjadi di Kabupaten Pidie Jaya pada tanggal 7 Desember 2016 membuka peluang kepada PMI untuk mengabdi di masyarakat. Relawan yang dilibatkan tentunya harus mempunyai kapasitas disetiap layanan yang diberikan, oleh karena itu PMI bekerjasama dengan IFRC membuat pelatihan-pelatihan dan orientasi kepada relawan, salah satu orientasi yang dibuat adalah Orientasi CTP.

Orientasi CTP ini dibuat bertujuan untuk meningkatkan kapasitas relawan dalam melakukan assessment berbasis aplikasi dengan menggunakan android di masyarakat sehingga data yang didapatkan langsung bisa tersimpan didalam aplikasi.  CTP itu sendiri  artinya adalah cash transfer program atau bisa juga disebutkan bantuan dana tunai yang diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan dan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh PMI yaitu masyarakat yang rumahnya roboh, masyarakat yang tinggal di ruko dan masyarakat  yang mempunyai KK gantung dimana dalam satu rumah itu memiliki lebih dari satu KK serta kelompok rentan.

Orientasi CTP ini berlangsung pada tanggal 23 s.d 24 Februari 2017, CTP baru pertama kali dilakukan di Aceh khususnya di Pidie Jaya sehingga harapannya relawan yang sudah mengikuti orientasi ini bisa melakukan assessment di masyarakat dan mentransferkan ilmunya kepada relawan PMI yang lainnya. Sebanyak 10 orang relawan yang sudah mengikuti orientasi ini akan melakukan assessment untuk mendapatkan 1500 KK target penerima manfaat yaitu penerima manfaat shelter, penerima manfaat livelihood dan penerima manfaat air minum.


Harapan untuk masyarakat dengan mengunakan CTP in adalah supaya teridentifikasi penerima manfaat yang sesuai dengan kriteria sehingga bantuan yang diberikan oleh PMI tepat guna dan tepat sasaran serta memulihkan kembali perekonomian local dengan memanfaatkan kapasitan yang ada di Kabupaten Pidie Jaya. 

3 comments:

  1. 7 Desember 2016, kayanya Gempa Pidie.. kalo Desember 2017, masih 10 bulan lagi..gapapa kok mungkin typo dan lupa..tulisan yang bagus dan bermanfaat!

    ReplyDelete
  2. hehehe mas Anggun.... bukan typo tapi lupa diri hehehehehe, biasalah faktor usia ding

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS