Wednesday, August 1, 2018

Jamhir Safani: Sosok Ketua Forum PRB Sulawesi Tenggara

3:19 PM Posted by zatin abdullah No comments
Dr. Eng. Jamhir Safani, S.Si., M.Si - Ketua F-PRB Periode 2018 - 2022
Provinsi Sulawesi Tenggara terletak di jazirah Tenggara Pulau Sulawesi yang secara geografis berada di bagian Selatan Garis Katulistiwa. Provinsi Sulawesi Tenggara, sejak tahun 2014 terdiri dari 14 Kabupaten dengan luas daratan secara keseluruhan 38.140 km2 atau sekitar 25.75% dari keseluruhan luas wilayah, sedangkan sebagian besar lainnya adalah laut, yakni seluas 110.000 km2 atau sekitar 74.25%, kini telah berkembang menjadi 17 kabupaten kota oleh kebijakan pemekaran wilayah.


Perubahan iklim dan pertumbuhan tambang di Sulawesi Tenggara menyebabkan kekhawatiran dari semua pihak terhadap kejadian bencana banjir yang sering terjadi di Sulawesi Tenggara akhir - akhir ini. Dalam satu moment pertemuan dengan Pj Sekda, beliau mengatakan "Dulu kita tidak pernah merasakan bencana di Sulawesi Tenggara tapi akhir - akhir ini pasti banjir terjadi setiap tahun dan itu sangat mengkhawatirkan kita semua"Ini menjadi pertimbangan untuk membentuk suatu forum yang bernama Forum Pengurangan Risiko Bencana yang bertujuan untuk mewadahi para pihak yang berkepentingan dalam melakukan advokasi pengurangan risiko bencana yang terdiri dari lembaga - lembaga pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang memberikan ruang bagi koordinasi, analisa serta rekomendasi bagi prioritas pembangunan penanggulangan bencana di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara.Forum PRB Sultra terbentuk pada tanggal 31 Mei 2018 di Hotel Clarion dan dihadiri oleh unsur pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, setelah melewati serangkaian proses akhirnya terpilih Bapak Jamhir Safani sebagai Ketua Forum PRB Sulawesi Tenggara.Siapakah Dr. Eng. Jamhir Safani, S.Si.,M.Si?Pak Jamhir Safani lahir pada tanggal 20 Maret 1972 di Raha dengan pendidikan terakhir S3 di Kyoto University Jepang dan lulus pada Tahun 2007 pada Bidang Ilmu Geophysical Engineering. Dosen yang sehari - hari beraktifitas sebagai Dosen di Universitas Haluoleo ini selain dipercayakan menjadi Ketua Forum PRB Sultra juga menjabat sebagai Ketua Forum PRB Perguruan Tinggi, sehingga tidak diragukan lagi pengetahuan beliau dalam ilmu kebencanaan sangatlah bisa diandalkan.Banyak penelitian yang sudah dilakukan oleh beliau yang sebagian besar berkontribusi dalam kebencanaan, seperti: 

  • Developing Effective Tools for Modeling and Inversion of Surface Wave Dispersion Using Full-waveform Reflectivity and Application for Geotechnical Site Investigation.
  • Pemetaan Potensi Bencana Alam di Provinsi Sulawesi Tenggara.
  • Kajian Bahaya, Kerentanan, Kapasitas, dan Risiko Bencana Banjir dan Tanah Longsor di Kabupaten Kolaka Utara Provinsi Sulawesi Tenggara.
  • Analisis Parameter dan Pemetaan Daerah Rawan Bencana Kabupaten Konawe.
  • Inversi Bersama Seismik Gelombang Permukaan dan Resistivitas untuk Interpretasi Geoteknik (Tahun Pertama).
  • Developing a new inversion procedure of resistivity data based on genetic algorithm technique for electrical imaging of the earth subsurface.
  • Inversi Bersama Seismik Gelombang Permukaan dan Resistivitas untuk Interpretasi Geoteknik (Tahun Kedua).
  • Pemetaan dan Analisis Risiko Bahaya Abrasi Pantai Kabupaten Buton Utara.
  • Kajian Risiko Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Kabupaten Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara.
Prestasi lain yang diperoleh oleh beliau adalah Penulis Terbaik pada jurnal geosains Eropa: Near Surface Geophysics dengan penghargaan The Loudger Mintrop Award oleh European Association of Geoscientists and Engineers (EAGE) pada Tahun 2012 dan Dosen Muda Inspirator oleh KNPI Sulawesi Tenggara pada Tahun 2016.Pak Jamhir Safani di Mata saya:Pak Jamhir adalah seorang pakar kebencanaan mempunyai banyak pengetahuan, sangat ramah dan asik untuk di ajak berdiskusi, bisa dikatakan beliau adalah seseorang yang mempunyai sifat down to earth bahkan dengan kesibukannya di kampus dan beberapa tempat lain beliau sangat bersedia dengan suka rela membantu dibidang kemanusiaan. Bahkan beliau bertekad untuk memajukan Forum PRB di Sultra sehingga mempunyai gaung dan dipercayakan oleh semua pihak untuk mewadahi  pihak terkait untuk peduli terhadap bencana.Selamat kepada Pak Jamhir Safani semoga bisa membawa Sulawesi Tenggara Tangguh bencana untuk masa depan.Salam Tangguh












0 comments:

Post a Comment