Air Terjun Moramo Sulawesi Tenggara

Thursday, 30 November 2017

Sulawesi Tenggara memiliki banyak tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah air terjun Moramo yang terletak di kawasan suaka alam Tanjung Peropa Desa Sumber Sari Kabupaten Konawe Selatan Sulawesi Tenggara. Air terjun Moramo merupakan air terjun bertingkat sekitar 100 meter. Untuk mencapai air terjun tersebut kita harus berjalan kaki sejauh 1,2 km sedikit mendaki tetapi sudah dibuat tangga sehingga lebih mudah dalam mencapai air terjun walaupun sedikit licin apabila sedang musim hujan sehingga kita harus berhati-hati supaya tidak terjatuh (pada waktu saya pergi sedang hujan lebat jadi sudah mandi air hujan duluan sebelum mencapai puncak air terjun). Disepanjang perjalanan kita disuguhkan pemandangan yang sangat indah berupa air terjun kecil dan suara gemuruh air yang mengalir dan sesekali diselingi kicauan burung. Suasana begitu asri dan alami. Ada beberapa jembatan yang sudah rusak dan belum diperbaiki jadi harus berhati-hati juga.

Air Terjun Caption by jejakzatin 
Batuan kapur bertingkat menjadi ciri khas Air Terjun Moramo sehingga kita tidak perlu merasa takut terjatuh karena tidak licin, kalau sudah mandi disini bisa lupa diri untuk pulang atau sekedar berphoto karena tempatnya sangat instagram-able, buat kamu-kamu yang suka hunting photo ini salah satu tempat yang menarik dan sangat di rekomendasikan oleh saya :) 

Air terjun yang mengalir dan meliuk-liuk bisa menghipnotis siapa saja yang berkunjung kesana karena, batuannya seperti disusun tapi itu sudah alami seperti itu.

Ada beberapa fasilitas yang ditemukan disana, seperti tempat parkir yang luas, jalan dan tangga yang sudah dibuat untuk menuju ke air terjun walapun ada beberapa jembatan yang sudah rusak, ada beberapa tempat pembuangan sampa yang khusus disediakan walaupun kadang terlihat masih ada sampah yang berserakan (kesadaran manusia masih kurang atau pemerintah perlu mengedukasi dengan cara menbuat pamplet atau peringatan membuang sampah = saranku). Ada WC dan tempat ganti baju dan beberapa tempat beristirahat yang disediakan dan bisa digunakan tanpa harus membayar alias gratis juga musalla untuk Sembahyang.
Selamat datang di Moramo
Ditempat parkir juga terdapat banyak penjual buah-buahan dan aneka gorengan yang harganya itu sangat terjangkau, jadi kalau tidak membawa bekal bisa membeli aneka gorengan disini dan rasanya akan menjadi sangat nikmat kalau sedang hujan. yammy. 

Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemerintah atau pengelola tempat yaitu tentang kebersihan, karena walaupun sudah diletakkan beberapan tempat sampah disepanjang jalan menuju ke air terjun dan diair terjun itu sendiri, masih ada sampah yang dibuang sembarang, kesadaran manusia untuk menjaga lingkungan masih kurang kemudian beberapa jembatan yang sudah rusak untuk bisa diperbaiki oleh pengelola atau pemerintah. Tidak masalah untuk memungut sekedar retribusi dari pengunjung sehingga bisa digunakan untuk perawatan air terjun Moramo ini.
masih pertengahan jalan menuju Moramo
Jarak tempuh dari Kota Kendari ke Air Terjun Moramo sekitar 70 km (lebih kurang 1 jam 30 menit perjalanan), bisa menggunakan motor baik yang mempunyai fisik yang kuat atau menyewa mobil standarnya sekitar Rp 350.000,- dan bisa sharing dengan teman-teman.

Over all, air terjun Moramo ini sangat indah dan wajib dikunjungi buat siapa saja yang datang ke Kendari ya seperti saya yang jauh-jauh dari Aceh sudah membuat list tempat yang akan saya kunjungi walaupun tujuan utamaku kesini bukan untuk wisata tapi tidak apa-apa toh seperti pepatah sambil menyelam minum air hehehe. 

So... welcome to Moramo guys.....selalu jaga lingkungan kita menjadi bersih dan bagus sehingga bisa dinikmati oleh semua orang.
Kendari, 30 November 2017
Anak Rantau yang tidak pernah tidak bahagia 
@zatin80 




No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS