Tuesday, January 30, 2018

Book Reaction"Jungkir Balik Dunia Bankir" Bukunya Om Duut

8:47 PM Posted by zatin abdullah 3 comments
Kenapa book reaction bukan book review? 
Please deh jangan tanya gue karena gue juga tidak tahu kenapa bisa begitu, tiba-tiba aja lagi kerja kepikiran untuk memberikan reaksi terhadap buku itu. So...suka-suka gue lah ya mau kasih judul apa, yang penting apa yang gue ingin tersalurkan ditulisan ini. Lo baca aja reaksi gue dan entar jangan lupa lo beli tuh bukunya terutama lo-lo pade yang kerja di bank, recommended lah pokoknya untuk baca buku ini dan silakan beli ke toko buku terdekat di kota anda dan jangan biasakan meminjam ya (gue mah kejam kalau urusan pinjam-meminjam, soale banyak bukuku yang berceceran dimana-mana nga tau jalan pulang). Eh... maap yaa kadang gue juga suka lupa kembaliin (balas dendam hahaha tapi salah orang) maafin yeee.

Well.... buku yang mau gue koment itu berjudul "Jungkir Balik Dunia Bankir" kenapa gue sampai tersesat membeli buku ini? sini gue teriakin ya.
Ini buku karangan blogger idaman gue (opsss. ...maap maksudnya gue suka baca blog dia, baru-baru aja sih, dulunya kagak tau sama dia, maaf ya om). aku tau si penulis buku ini karena gue mau jalan-jalan ke India pada Bulan April 2017, gue kan bingung nga ngerti cara ngurusin visa, secara tiket udah gue beli setahun yang lalu sangking niatnya mau move on sama seseorang hihihi. Dengan mengandalkan internet gratis dari kantor, gue searchinglah cara membuat visa india. 

Gue nemu ada beberapa situs yang menulis tentang bagaimana membuat visa India, aku membuka beberapa website dan membaca cara mengurus visa, hanya satu yang menarik pada saat itu yaitu blognya omduut, ini blog namanya kok omduut yaa?? gue buka dan lucky me dia menjelaskan step by step pengurusan visa dengan sangat jelas. nga percaya lo??? sok atu di kepoin dimari omnduut.com ya. Dengan mengikuti step by step dari om duut jadilah visa India gue dan gue siap berangkat ke India. Sekarang gue udah pulanglah, kan perginya cuma 14 hari doang dan buat move tapi......... pulang dari India tambah gila hiks, betul - betul nga bisa move on dari incredible India, terserah lo kata India jorok, bau atau apalah tapi gue udah falling in love with and sure I am coming soon there on 2019, wait for me !!!!

Visa sudah gue dapat, sekarang tinggal menyusun itenary selama disana, lagi-lagi gue dituju ke blognya om duut, iya deh gue pasrah, gue ke India berdua teman dan gue beri dia angin syurga karena gue janjiin buat itenary dan itu full gue ambil punya omduut haha (dan sukses selama di India rencana semua meleset dari itenary hahaha karena gue kan pelupa jadi setiap kita keluar semua kertas - kertas itu tertinggal dikamar dan berhasil seharian gue diomelin sama tuh manusia dan sampai sekarang).

Ceritanya gue sudah sukses menjelajah India dengan aman dan kembali pulang ke Indonesia, Om duut juga sudah kulupakan dari hidupku ( lebay haha), Tiba - tiba Bulan Juli ada teman gue yang mau pergi ke India dan dia menghubungi gue tanya tentang pengurusan visa. Duh.... nyesal gue posting photo-photo selama di India (menyeringai setan haha). Gue itu pelupa dan tidak ingat lagi cara mengurus visa, untuk gue sedikit dikasih otak pintar (hahaha) gue teringat lagi sama omduut dan gue menyuruh teman gue untuk baca saja di blog om duut.

Nah dari situ gue mulai follow IG dan add facebooknya Om duut, dan rajin - rajin baca blognya, ternyata neh orang punya otak cemerlang menulis, gue jadi demen membaca blog, secara gue orang nya pendiam banget jadi sukanya sama yang lucu-lucu gitu (btw this my reaction to om duut or his book? ha ha ha ha).

Back to his book called Jungkir Balik Dunia Bankir.
Tiba-tiba gue lihat di facebooknya dia mau cetak buku sendiri, wow.... gue terpana! jelas dong pingin baca, ini buku solo pertama dia dan ada buku karangan bersama, yang judulnya born to travel, gue cari-cari di Gramedia Kendari tapi gue cuma nemu Buku Born To Travel, ya udah gue beli aja itu dulu, lagian selama gue di Kendari baru satu buku aja gue beli itu karena keingat sama Mak gue yang selalu pesan disetiap gue telp yaitu " jangan beli baju dan buku ya, mau baju-baju dan buku yang ada di kampung ne di makan tikus?". Ampuuun deh mak please jagain baju dan buku gue dong, gue janji nga akan macam-macam disini. (sukses janji tidak bisa gue tepati, habisnya gue suntuk harus jadi anak gaul di warung kopi, jadi mending baca buku aja --Teman-teman gue nongkrong di warkop please jangan komen hahaha)

Terus Si Om duut ada PO buku Jungkir Balik Dunia Bankir di facebooknya, jelas aja gue mau pesan, iya dong dapat tanda tangan bonus dari penulisnya haha (otak gue langsung cerdas). Gue inbox om duut dan terjadi sedikit komunikasi (jangan kepo dan nga usah tanya gue ngomongin apa sama dia). Intinya pesan Om Duut bukunya di beli di gramedia aja karena harga buku dengan ongkos kirim hampir sama, ya udah gue iyakan dan sedikit kecewa juga kenapa dia nga perhatian sama gue (wakaka ngakak sendiri..ops.... maksudnya nga dapat tanda tangan penulis, jangan salah paham woi). Beberapa minggu berlaku terus gue lihat lagi di facebooknya Om duut ada PO yang kedua dan menariknya karena hasil penjualan buku ini akan disumbangkan, gue langsung inbox dia buat pesan buku satu secara gue itukan orangnya sok - sok sosial gimana haha, dianya masih kasihan sama ongkos kirim tapi gue bilang ya udah nga  apa-apa gue ikhlas kok demi dapat tanda tangan lo (hahaha ketahuan ya gue bukan sosial tapi hanya pingin dapat tanda tangan dia, timpuk gue pake duit dong hahaha-nga nyambong)

Akhirnya gue transfer uang ke rekening Om duut dan berselang 2 hari pas Hari Jumat, Tadaaaaaaaa here is the book, bisa neh buat teman weekend gue daripada gue tidur selama dua hari mending baca buku yes.
This is the book

Dan ternyata  membaca buku ini cuma butuh waktu semalaman saja, walhasil tetaplah weekend gue tidur sepanjang hari. Cerita tentang Buku jungkir Balik Dunia Bankir membuat gue ngakak sepanjang malam, dimulai dari pengantar penulis dan seterusnya sampai selesai gue ngakak seharian dikamar, mana kamar gue nga kedap suara, kasian tetangga kamar kost gue keganggu, tapi karena dia nga negur ya sudahlah ya dan dia menikmati suara ngakak gue yang merdu seperti suara angin syurga.

Reaksi gue fully ngakak, buku ini menurut gue kekurangan halaman atau mungkin bisa dibuat serialnya kali ya om, kan banyak tuh pengalaman selama kerja disana, bisa saja setiap hari ada pengalaman yang berbeda.

Ada beberapa kalimat yang berhasil membuat gue ngakak sampe terjatoh dari tempat tidur (sakiiiiit) dan ketika sadar baru gue tutup mulut dan ngintip keluar kamar kali aja ada yang pelototin gue. , terus ada juga pengetahuan yang gue dapat dari buku ini, Beberapa diantaranya seperti:
#1. Diawal pengantar penulis aja udah lucu banget, reaksi gue ya ngakak lah, mau tau? makanya beli aja bukunya langsung.
#2. Babang doraemon (gue nga ngerti apa si babang penulisnya sebulat doraemon atau secerdas doraemon yang mempunyai kantong ajaib (ini masih pertanyaan gue).
#3. Gue baru tau kalau tes kesehatan sampe segitunya ya.
#4. Baru tau kenapa selalu di panggil bapak/ ibu kalau lagi di bank, gue pernah sial di panggil pak zaini sulaiman, uhh kesal banget gue, secara jelas jelas nama gue disitu Zatin Sulaiha
#5. Berat ternyata kerja di bank, salut deh buat teman-teman yang mendedikasikan waktunya untuk kerja di bank.
#6. Kalian baca aja sendiri bukunya, ntar nga seru kalau gue ceritakan semua.

Ini reaksi gue terhadap buku Jungkir Balik Dunia Bankir, maaf kalau ada salah-salah kata tapi memang buku ini membuat imajinasiku mengikuti alur seakan - akan aku menjadi perampok  yang mengejar-ngejar om duut yang membawa uang didalam tasnya untuk di isi ke mesin ATM. hahahaha. Intinya gue suka banget sama buku ini dan gue menunggu buku-bukunya yang lain.

Note:
Gue orang Aceh asli dan nga terbiasa ngomong lo-gue tapi entah kenapa tulisan ini membuat gue rilex sekali dalam menulis. Please jangan hina gue ya, jangan bilang gue sok-sok anak betawi karena bahasa Indonesia gue masih kental sekali logat Acehnya. 

Sebenarnya photo ini nga penting berada disini, tapi membahagiakan diri sendiri itu penting haha



3 comments:

  1. Muahaha, ini antara ulasan, book reaktion atau curhat beda tebel eh beda tipis hehehehe.

    Makasih banyak ya udah beli, baca sampe abis, dan nulis ulasan panjang kek gini. Aim jadi seneng dan berbunga-bunga. *langsung joget ala pebalet

    ReplyDelete
  2. Omnduut memang ciamiiik yaaa nulis bukunyaaa.. :D. Aku jg kmrn hub dia, pesen bukunya.dan krn aku kerja di bank, semua isinya jg mencerminkan apa yg aku rasain pas duluuuu masih di bawah sebagai teller :D. Hahaha kyk nostalgia.. Tp bukunya aku taro di kantor, supaya teller2ku bisa baca dan kali aja jd inget pengalaman sendiri :D

    ReplyDelete
  3. Bukunya di beli yang banyak aja sekalian di bagi bagi ke teller yang lain hehe

    ReplyDelete