6 Hal Yang Membuat kamu Mengenal Aceh

Monday, 12 October 2015

Aceh adalah salah satu provinsi yang berada di ujung barat Indonesia sehingga 0 Km meter Indonesia berada disana. Terlahir sebagai orang Aceh membuatku sangat mencintai daerahku, tentu saja dengan segala hal yang dimilikinya baik itu kelebihan dan kekurangannya. Tidak ada kata puas untuk terus mempromosikan wilayahku ini. menulis tentang Aceh tidak ada habisnya, baik pesona alamnya, penduduknya juga tentang sejarah - sejarah yang sebagian mungkin masih menjadi misteri. berikut adalah 6 hal yang dikenal orang tentang Aceh:

1# Konflik
Sumber foto:  http://atjehliterature.blogspot.com
 Konflik berkepanjangan yang terjadi di Aceh antara Gerakan Aceh Merdeka dan TNI cukup menyisakan kesengsaraan pada saat itu, semua orang dalam ketakutan, terutama masyarakat yang bertempat tinggal dipelosok karena disana sering terjadi baku tembak, menemukan mayat dengan luka tembak setiap hari itu sudah menjadi hal biasa, orang hilang apalagi dan itu sudah bisa dipastikan beberapa hari kemudian kita akan bertemu dengan mayat mereka. Senjata cukup berkuasa dan suasana sangat mencekam, selalu ada jam malam. Masyarakat sudah terbiasa dengan desingan peluru dan suara tembakan dimalam hari. Tidak mengherankan banyak janda di Aceh, tidak jelas apa salah suaminya apakah betul - betul pemberontak atau salah sasaran tembak. tidak ada yang mengusut dan itu berlalu begitu saja hanya karena orang Aceh memiliki hati yang sangat pemurah. Alhamdulillah sekarang Aceh sudah aman.

2#Tsunami

Sumber foto: www.hidayatullah.com
Tsunami yang terjadi pada tanggal 26 Desember 2004 11 tahun yang lalu membawa perubahan besar bagi Aceh dan cukup membuat Aceh terkenal di mata dunia, musibah tsunami menyisakan lara tapi juga perubahan yang besar di Aceh, setelah 11 tahun sudah banyak perkembangan yang terjadi dan karena tsunami juga menjadi titik terang perdamaian Aceh dari konflik bersenjata yang selama ini terjadi. Semua orang Aceh bersatu padu dalam pembangunan dan perdamaian.

3#Syariat Islam
Sumber foto: www.republika.co.ic
 Ketika berkenalan dengan orang mengatakan dari Aceh, kebanyakan mereka akan bilang ohhh syariat Islam ya, harus pake jilbab ya kalau kesana, pernah lihat hukuman cambuk tidak?? Iya syariat islam identik sekali dengan Aceh, orang berfikir semua harus memakai jilbab kalau ke Aceh, berbuat salah langsung dihukum cambuk. Sebenarnya seperti ini ya, syariat Islam itu berlaku untuk yang beragama islam, tidak ada paksaan untuk non - muslim di Aceh untuk memakai jilbab, menutup aurat itu hanya untuk wanita yang merasa dirinya seorang muslim, kalau ada muslim yang tidak menutup aurat itu berpulang kembali kepada mereka, kalau memang ada peraturan menutup aurat, petugas pastinya harus lebih bijaksana dalam melaksanakan tugasnya melayani masyarakat, tidak semua orang memiliki ilmu yang sama, tapi sepatutnya kata - kata yang baik dan sopan itu dianjurkan dalam menegur. Hukuman cambuk itu adalah aturan yang sudah di tetapkan di Aceh, seseorang yang merasa tidak melanggar aturan tentunya tidak perlu takut akan dicambuk. 

4#Serambi Mekkah
Aceh Serambi Mekkah, banyak alasanya kenapa Aceh di kenal dengan Serambi Mekkah, salah satunya adalah Islam pertama kali masuk ke Indonesia melalui Aceh yaitu Peurelak dan Samudra Pasai, Islam berkembang cepat diseluruh Indonesia, para ulama sangat gigih dalam menyebarkan agama islam, semangat keislaman tersebut yang menyebabkan Aceh terkenal dengan Serambi Mekkah yang sekarang aura tersebut sudah mulai memudar, tidak diragukan lagi mungkin beberapa tahun kedepan orang akan lupa dengan gelar serambi mekkah tersebut #miris

5#Dayah
Dayah adalah salah satu tempat pendidikan agama yang sudah ada di Aceh sebelum adanya penjajah di Aceh, hampir disetiap peloson memiliki dayah yang dipimpin oleh seorang Abu/ Abon. Ulama dayah mejadi sosok yang terkenal dan panutan, ulama dayah mempunyai peranan penting dalam menghadapi penjajah, ulama mempunyai peran penting dalam mengobarkan semangat perjuangan di Aceh, sampai sekarang dayah sudah berkembang pesat, salah satunya adalah Dayah Mudi Mesra yang sudah mempunyai ribuan murid yang belajar, tidak hanya dari Aceh tapi juga dari negara tetangga yang menimba ilmu disana.

6#Pejuang Wanita Pemberani
Aceh tidak hanya terkenal gagah berani dalam melawan penjajah tetapi juga terkenal dengan perempuan pemberani yang membuat gentar penjajah, Sebut saja Cut Nyak Dhien yang begitu perkasa sehingga penjajahpun membutuhkan trik untuk menghadapi beliau,  semangat perjuangannya yang luar biasa itu sepatutnya harus dicontoh oleh perempuan masa kini sehingga akan selalu mengharumkan Aceh, selain Cuk Nyak Dhien, masih banyak lagi yang mengharumkan nama Aceh, sebut saja Cut Mutia, Pocut Baren, laksamana Malahayati, Safiatuddin Syah, Pocut Meurah Intan dll.


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS