HARI PANGAN SEDUNIA: Petani Pejuang Pangan dan Gizi Bangsaku “Artikel Lomba Hari Pangan Sedunia 2015 diselenggarakan PERGIZI PANGAN Indonesia”

Tuesday, 6 October 2015

Terlahir dan dibesarkan di desa yang 90 %  penduduknya bermata pencaharian petani membuatku mengerti betapa besar jasa mereka dalam pertembuhan perekonomian Bangsa Indonesia. Sebagai anak dari seorang kepala sekolah yang mempunyai 8 bersaudara pada waktu itu sekitar tahun 1990an membuat aku mengerti betapa orang tua bekerja keras dan  membuka lahan sawah serta ladang untuk memenuhi pangan dan gizi kami anak - anaknya.

Sebagian besar lahan diperkampungan kami adalah persawahan sehingga bisa dipastikan padi tersebut tidak hanya digunakan untuk pemenuhan pangan disana tapi juga dijual sehingga memenuhi produksi pangan daerah sekitarnya bahkan mungkin untuk Kabupaten Aceh Utara dimana aku tinggal. sehingga tidak salah apabila dikatakan bahwa petani pejuang pangan dan gizi bangsaku karena mereka sudah berjuang keras membanting tulang setiap hari agar pangan dan gizi terpenuhi untuk semua orang, apabila pangan dan gizi sudah terpenuhi dengan baik maka pendidikanpun akan semakin menjadi lebih baik, ketika pendidikan sudah bagus maka Indonesia akan menjadi negara yang maju serta bisa membantu negara lain yang memerlukan bantuan pangan. 

Bisa kita bayangkan apabila petani tidak ada, siapa yang akan menjamin pangan dan gizi masyarakat Indonesia? Tidak ada bukan!!! Indonesia akan mendatangkan pangan dari luar negeri yang belum tentu akan menjamin gizi yang baik untuk anak bangsa dan ini akan membuat pertumbahan yang tidak baik bagi Indonesia. Indonesia sebagai sebuah negara yang besar harus bisa memberdayakan petani agar memenuhi kebutuhan pangan dan gizi. Petani harus berikan pelatihan - pelatihan sehingga mereka bisa berinovasi dalam pengembangan pangan di Indonesia karena selama ini yang sering kita lihat petani masih menggunakan peralatan tradisional dan pengairan yang belum baik sehingga produksi panganpun hanya sekedarnya saja. 

Sektor pertanian adalah salah satu sektor yang paling menguntukan Indonesia apabila dikembangkan dengan baik dan benar, pemerintah harus betul - betul memperhatian petani karena petani mempunyai andil besar dalam memajukan Indonesia. Petani telah berjuang keras dalam pemenuhan pangan nasinal, petani hidup dan mati bangsaku, petani tulang punggung pangan dan gizi bangsaku karena dengan keras merekalah terpenuhi pangan dan gizi masyarakat Indonesia, tanpa kerja keras petani pasti kita sekarang ini harus membeli mahal pangan dari luar negari.

Melalui moment hari pangan sedunia ini kita perbaiki pertanian di Indonesia agar terpenuhi pangan dan gizi yang baik kepada generasi masa depan bangsa sehingga menciptakan kader yang berakhlak mulia dan Indonesia semakin sejahtera.





No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS