Saturday, July 25, 2020

Hidup Berdampingan Dengan Corona

10:12 AM Posted by zatin abdullah No comments
Pasti semua kita sudah tahu tentang virus Corona, orang awam sekalipun, bahkan diawal - awal virus Corona ini mulai terjangkit di Indonesia, hampir semua masyarakat menjadi takut dan panik, entah lah karena melihat video - video yang beredar. Dalam hampir semua video yang beredar tersebut terlihat seseorang yang terkena virus corona langsung terefek, jatuh tiba - tiba dan dijauhi. Wallahu alam apakah itu hoaxs atau bukan.

Untuk itu kita harus mengenali apa itu virus Corona, bagaimana penyebarannyan, bagaimana menghindar dari terkena virus Corona, bahkan karena sampai sekarang vaksin terhadap virus corona belum ditemukan dan virus tersebut masih berada disekitar kita, karena mata rantai penyebaran virus tidak terputus ( karena sampai saat ini masih ada korban) sehingga kita harus tahu bagaimana hidup bersampingan dengan virus. mau tidak mau itulah yang harus kita  hadapi. Sebagaimana juga bencana alam yang tidak bisa kita hindari sehingga kita harus hidup berdampingan dengan bencara. Ya dengan cara meningkatkan kapasitas dengan menurunkan kerentanan. Begitu juga dengan virus corona ini.

Well...
 Apa itu Virus Corona
Virus Corona atau severe acure respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. penyakit karena infeksi virus ini disebut Covid- 19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernafasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian. Virus Corona pertama kali ditemukan di Wuhan Cina yang ditularkan melalui hewan kepada manusia.

Apa Gejala Corona
Gejala umum yang ditunjukan oleh seseorang apabila terinfeksi virus corona adalah demam, batuk kering dan merasa mudah lelah, ada beberapa kasus yang mengalami pilek, sakit tenggorokan, hidung tersumbat atau diare. kebanyakan penderita menunjukkan gejala ringan seperti flu biasa dan bisa sembuh sendirinya tanpa membutuhkan pengobatan lanjutan. Gejalan yang lebih spesifik adalah apabila seseorang terinfeksi corona maka suhu tubuhnya meninggi dan batuk yang terus menerus perlu diwaspadai. Sejauh ini belum ditemukan vaksin untuk menyembuhkan penyakit ini dan seseorang yang memiliki sistem imun yang kuat maka akan bertahan terhadap virus corona.

Bagaimana Seseorang Tertular Corona
Virus corona bisa tertular kepada siapa saja, akan tetapi akan menjadi fatal apabila tertular kepada orang yang usia lanjut, ibu hamil, orang orang yang memiliki penyakit tertentu atau orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Biasanya virus corona akan tertular melalui: 
  • Tidak sengaja menghirup percikan ludah atau droplet yang keluar saat penderita covid 19 batuk/ bersin dan berbicara
  • Memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dahulu setelah menyentuh benda - benda
  • Kontak jarak dekat dengan penderita covid 19

Bagaimana Mencegah Corona
Sampai saat ini belum ditemukan vaksi untuk mencegah infeksi virus corona, oleh sebab cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menghindari faktor - faktor yang bisa menyebabkan virus corona adalah:
  • Menerapkan jaga jarak minimal 1 meter dari orang lain dan jangan keluar rumah kecuali ada keperluan mendesak.
  • Menggunakan masker saat beraktivitas ditempat umum dan keramaian
  • Rutin mencuci tangan pakai sabun, terutama setelah beraktifitas diluar dan tempat umum.
  • Tidak menyentuh mulut dan mata sebelum mencuci tangan
  • Menghindari kontak dengan penderita Covid 19, orang yang dicurigai positif terkena virus corona.
  • Jaga kebersihan lingkungan dan kebersihan rumah.
Kita semua belum tahu kapan corona ini akan berakhir, dan tentunya kehidupan sosial ekonomi kita harus tetap berlanjut, jangan sampai dengan adanya  corona ini kita tidak menjadi produktif. Beraktifitas bisa dilakukan dengan biasa dan tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan sebagaimana yang telah disebutkan dalam hal bagaimana mencegah corona

Berdampingan dengan corona adalah salah satu hal yang bisa kita lakukan karena suka tidak suka corona sudah hampir setahun menyebar dan belum ada vaksin. Tetap menjaga stamina tubuh dan mematuhi protokol kesehatan.

kalau bukan kita yang peduli maka siapa lagi, mulailah dari diri sendiri untuk mematuhi peraturan, memakai masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan dengan sabun.


0 comments:

Post a Comment