Sunday, September 24, 2017

Allah Membantuku Ketika Berhijrah

1:50 PM Posted by zatin abdullah No comments
“Do your best and Allah will do the rest”. Ini adalah motto hijrahku. Pesan inspiratif ini aku dapatkan tidak sengaja dari melihat postingan di facebook yang dibuat oleh abangku, intinya beliau mengatakan bahwa kita harus mencoba melakukan sesuatu dengan kemampuan yang kita miliki dan selanjutnya adalah menjadi kuasa Allah agar semua itu menjadi sempurna. Hal ini sungguh sangat menggelitik karena pada saat itu aku sedang menghadapi permasalahan kuliah, antara berhenti atau melanjutkan kuliah yang artinya aku harus pindah universitas. Banyak sekali tekanan dan ejekan dari teman-teman sekitar, mungkin maksud mereka adalah supaya aku semangat untuk kuliah dan yang sebenarnya adalah tanpa mereka sadari telah memberikan tekanan dan stress yang kuat kepadaku. Stress ini tidak  menjadi kentara karena dukungan dari keluarga terus diberikan, mereka begitu mensupport walapun aku dalam kondisi perkuliahan yang tidak bagus.


Allah swt membantu membukankan hatiku melalui sebait kalimat “do your best and Allah will do the rest”. Allah selalu menolong kita apabila kita terus berusahan dan Allah akan menyempurnakan ikhtiar kita. Aku harus berhijrah dari perasaan tertekan, malu dan malas menyelesaikan kuliah menjadi optimis dan berusaha untuk menyelesaikan kuliah yang hanya tinggal sedikit lagi. Hal ini juga membentukku menjadi seorang muslimah yang saliha yang lebih sabar dan menyerahkan semua ketentuan hidup kepada Allah SWT.

Awalnya menuju kampus bagiku seperti berhadapan ribuan syaitan yang menakutkan, apalagi bertemu dengan dosen seperti aku ada dosa besar, begitulah dahsyatnya ketakutan waktu itu akan tetapi setelah mendapatkan motivasi dari kalimat sederhana do your best and Allah will do the rest. Seakan membuka mata hati yang selama ini tertutup dan dibayangi oleh ketakutan. Bismillah aku melangkah ke kampus yang telah sekian tahun tidak pernah kuinjak lagi dan bertemu dengan Dekan, kuutarakan semua persoalan yang kuhadapi dan aku yang jatahnya sudah di DO (drop out). Beliau mendengar dengan seksana penuh dengan keteduhan. Tidak ada cara lain aku harus pindah universitas dan mengikuti beberapa mata kuliah yang tidak bisa disetarakan. Semuanya berjalan dengan baik dan pada akhirnya aku pindah kuliah dan menyelesaikan kuliah sesuai dengan waktu yang telah aku targetkan.

Hijrah itu memang harus dimulai dari diri sendiri, ketika kita sudah bisa mengotrol diri kita ada titik dimana hidayah itu muncul dan itu bisa dari orang lain. Alhamdulillah dengan berhijrah aku telah menyelesaikan kuliahku dan menjadikanku muslimah yang lebih baik.

Pesanku kepada semua muslimah untuk tidak pernah putus asa karena Allah SWT selalu memberikan jalan yang lebih baik dan ingatlah bahwa Allah SWT tidak pernah memberikan cobaan kepada kita semua kecuali kita mampu untuk menyelesaikan. Bagaimana menyelesaikannya? tentunya dengan jadi lebih baik dengan berhijrah.



0 comments:

Post a Comment